Implementasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid 19 di SMP Negeri 2 Sukolilo

Iswanti, Maya (2021) Implementasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid 19 di SMP Negeri 2 Sukolilo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER s.d KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (572kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (551kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (423kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19 di SMP Negeri 2 Sukolilo. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19 di SMP Negeri 2 Sukolilo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19 di SMP Negeri 2 Sukolilo terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Faktor pendukung implementasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19 di SMP Negeri 2 Sukolilo terdiri dari minat belajar siswa yang tinggi, yang selalu tepat waktu saat mengikuti pembelajaran daring, saat mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Pendukung selanjutnya yaitu adanya dukungan dari orang tua yang berupa pemberian motivasi, dukungan dan pengawasan agar siswa menjadi bersemangat dalam pembelajaran daring. Faktor penghambat implementasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19 di SMP Negeri 2 Sukolilo terdiri dari jaringan internet yang kurang lancar dan perangkat yang kurang memadai. Di beberapa daerah atau wilayah tempat tinggal siswa memiliki jaringan internet yang kurang bagus. Hal tersebut mengakibatkan siswa tidak secara langsung memperoleh materi pembelajaran daring. Kendala selanjutnya yaitu perangkat yang kurang memadai bahkan banyak siswa yang mengikuti kelas daring menggunakan handphone milik orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:42
Last Modified: 03 Nov 2021 01:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5639

Actions (login required)

View Item View Item