Kasanah, Jariyatun (2021) Implementasi Metode Eksperimen untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V di MI Islamiyyah Sumber Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (176kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (213kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (482kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (153kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (609kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (123kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini di antaranya adalah : Pertama, Untuk mendeskripsikam implementasi metode eksperimen untuk mengembangkan kemampuan berpikir pada pembelajaran IPA siswa kelas V di MI Islamiyyah Sumber Rembang. Kedua, Untuk mendeskripsikan motivasi siswa dalam pembelajaran menggunakan metode eksperimen untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA siswa kelas V di MI Islamiyyah Sumber Rembang. Ketiga, Untuk mendeskripsikan perkembangan berpikir kritis pada anak setelah menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA siswa kelas V di MI Islamiyyah Sumber Rembang. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penilitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Sebyek penelitian ini adalah guru wali kelas V , dan siswa kelas V di MI Islamiyyah Sumber Rembang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisi dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan datanya menggunakan cara yakni uji kredibilitas, triangulasi dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) implementasi metode eksperimen untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA siswa kelas V di MI Islamiyyah Sumber Rembang yakni: Pertama, guru membuka pelajaran, Kedua, membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen, Ketiga, Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, keempat, memutarkan video pembelajaran sesuai dengan materi, kelima, bersama dengan kelompoknya siswa melakukan percobaan sesuai dengan video diatas, keenam, perwakilan kelompok maju kedepan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. 2)dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan metode eksperimen disini dapat memotivasi siswa dalam belajar dimana siswa lebih aktif dan lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran. 3) perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di MI Islamiyyah Sumber Rembang mengalami perkembangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen, Berpikir kritis, Pembelajaran IPA, Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 01:36 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 01:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5661 |
Actions (login required)
View Item |