Implementasi Segregasi Kelas Berbasis Gender Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII di MTs Ma’rifatul Ulum Mijen Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Darwis, Zulkifli (2021) Implementasi Segregasi Kelas Berbasis Gender Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII di MTs Ma’rifatul Ulum Mijen Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (374kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (184kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (282kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengimplementasian sistem segregasi kelas berbasis gender di MTs Ma’rifatul Ulum Mijen Kudus. (2) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat prestasi dan motivasi belajar siswa dalam segregasi kelas berbasis gender pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Ma’rifatul Ulum Mijen Kudus. (3) Untuk menganalisis solusi dari penghambat implementasi segregasi kelas berbasis gender untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar Akidah Akhlak di MTs Ma’rifatul Ulum Mijen Kudus. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan menerapkan metode segregasi berbasis gender dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam penerapan metode segergasi berbasis gender ini ada dua faktor yaitu faktor internal yaitu berasal dari dalam diri para siswa itu sendiri dan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri para siswa. Solusi dan penghambat 1) Menambah kedisiplinan para siswa, contoh anak datang terlambat disekolah, oleh gurunya di biarkan saja. 2) Para guru harus menyampaikan standar pelajaran yang sesuai kemampuan para siswa, yaitu para guru dalam memberikan pelajaran harus disesuaikan dengan kemampuan siswa di kelas. Dalam arti jangan memberi pelajaran diatas kemampuan siswa. 3) Memberbaiki kondisi sekolahan serta menambah fasilitas yang menunjang belajar para siswa, yaitu dengan cara memperbaiki kondisi gedung sekolahan yang kurang bagus, supaya para siswa menjadi nyaman saat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode segregasi, MTs Ma’rifatul Ulum Mijen
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:32
Last Modified: 04 Nov 2021 02:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5670

Actions (login required)

View Item View Item