Penerapan Metode Diskusi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Menerapkan Sikap Toleransi Siswa Kelas X di MA Tarbiyatul Mubtadi’in Wilalung, Gajah, Demak Tahun Ajaran 2020/2021

Ramadhan, Gilang (2021) Penerapan Metode Diskusi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Menerapkan Sikap Toleransi Siswa Kelas X di MA Tarbiyatul Mubtadi’in Wilalung, Gajah, Demak Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (468kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (547kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (856kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (514kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (473kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam menerapkan sikap toleransi siswa kelas X di MA Tarbiyatul Mubtadi’in Wilalung, Gajah, Demak. Bentuk penerapan yang dilakukan yaitu dengan tiga tahapan, yang meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini diantaranya yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, dan siswa kelas X. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas X sudah berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Dimana di dalamnya memuat tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. (2) Sikap toleransi siswa di kelas X dengan diterapkannya metode diskusi pada pembelajaran Akidah Akhlak dapat dilihat bahwasannya seorang siswa lebih bisa bekerja sama serta berkontribusi dengan baik terhadap kelompok diskusinya, lebih bisa menghargai pendapat orang lain dan memahami perbedaan yang dimiliki oleh orang lain. (3) Faktor yang mendukung seorang guru dalam penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas X yaitu besarnya minat, semangat, dan peran serta seorang siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh seorang guru di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Sikap Toleransi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:34
Last Modified: 05 Nov 2021 02:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5696

Actions (login required)

View Item View Item