Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Minat Baca Siswa di Perpustakaan MA Al Ikhlas Tlogowungu

Nurhayati, Sri (2021) Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Minat Baca Siswa di Perpustakaan MA Al Ikhlas Tlogowungu. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (557kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (463kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (681kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (920kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (894kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (854kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (466kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (685kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Pertama, Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok di MA Al Ikhlas Tlogowungu. Kedua,Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok teknik role playing di MA Al Ikhlas Tlogowungu. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap minat baca siswa di MA Al Ikhlas Tlogowungu. Agar tujuan yang dijelaskan diatas dapat tercapai, maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 132 orang dimana terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kontrol dengan jumlah masing-masing 66 orang dengan jumlah pertemuan untuk kelompok eksperimen sebanyak 5 kali sedangkan untuk kelompok kontrol sebanyak 3 kali yaitu ketika pretest dan posttest. Kelompok eksperimen pada pertemuan pertama setelah orientasi diberikan kuesioner pretest minat baca, untuk kuesioner posttest minat bacanya diberikan ketika pertemuan kelima.Teknik pengambilan sampelnya yaitu dengan purposive sampling dimana pengambilan sampelnya berdasarkan skor yang diperoleh dimana skor tersebut nantinya dikategori berdasarkan minat baca peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini di peroleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Subyek penelitian ini adalah peserta didik MA Al Ikhlas Tlogowungu dengan kategori minat baca yang bervariatif. Desain penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik role playing ini dilakukan selama 5 kali pertemuan dimana sesuai pada modul yang telah dibuat, dan sesuai dengan tahapan role playing yang dikemukakan oleh Shaftels. Selain itu modul bimbingan kelompok teknik role playing ini telahdivalidasi oleh dosen ahli. Dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok tersebut, siswa memiliki antusias yang tinggi dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan model skala likert dimana koefisien validitas itemnya antara 0,412 - 0,848 dan koefisien reliabilitasnya 0,974321. hasil dari uji t yaitu terdapat tiga table dimana tabel yang pertama menjelaskan tentang rata-rata pre test yaitu 86,86, sedangkan untuk hasil pot test nya yaitu sebesar 111,55. Table kedua menjelaskan tentang nilai korelasi, dimana besar nilai korelasinya yaitu sebesar 0,906 yang artinya memiliki korelasi yang sempurna, dan yang terakhir yaitu hasil dari uji paired sample t test yaitu menun- jukkan nilai signifikansinya sebesar 0,000 dimana nilai tersebut kurang dari 0,05. Jika nilai signifikansi sebesar 0,000 maka dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pre test dan post test konseli/peserta didik. Dengan adanya perbedaan dan memiliki korelasi yang sempurna maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan kelompok teknik role playing terhadap minat baca siswa di MA Al Ikhlas Tlogowungu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, dan Minat Baca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:29
Last Modified: 08 Nov 2021 03:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item View Item