Strategi Promosi Rekrutmen Peserta Didik Baru Di SMP NU Hasyim Asyari Panunggalan Kabupaten Grobogan

Rohman, Muhammad Mujibur (2021) Strategi Promosi Rekrutmen Peserta Didik Baru Di SMP NU Hasyim Asyari Panunggalan Kabupaten Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (698kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (431kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (548kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan Fenomena yang ada di SMP NU hasyim asyari menarik peniliti karena dengan strategi promosi yo ngaji, yo sekolah bisa menarik minat calon peserta didik baru, bahkan karena adanya kebijakan sekolah yang negeri ada peraturan regulasi zona system, maka sekarang siswa SMP NU hasyim asyari setiap tahun ajaran baru hampir menyamai calon peserta didik di sekolah negeri. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui penerapan strategi promosi rekrutmen peserta didik baru yang digunakan SMP NU Hasyim Asyari Panunggalan Kabupaten Grobogan. 2. Untuk mengetahui proses rekrutmen peserta didik baru di SMP NU Hayim Asyari Panunggalan Kabupaten Grobogan. 3. Untuk mengetahui kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan strategi promosi rekrutmen peserta didik baru di SMP NU Hasyim Asyari Panunggalan Kabupaten Grobogan. Metode penelitian dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. menggunakan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Konsep promosi yang diterapkan oleh SMP NU Hasyim Asyari Panunggalan berdasarkan hasil observasi dari pihak sekolah sendiri yaitu dengan menargetkan sasaran promosi agar penawaran yang di lakukan oleh pihak sekolah relevan dengan target promosi. Kriteria sasaran promosi meliputi faktor lingkungan, budaya dan faktor religi. 2. Strategi yang diterapkan oleh SMP NU Hasyim Asyari Panunggalan dalam rekrutmen siswa baru sudah baik dan cukup efektif untuk menjaring siswa baru melalui dua jalur yaitu jalur internal dan eksternal. Keunggulan yang dilakukan untuk promosi yaitu program Pendidikan “Yo ngaji, Yo sekolah”, biaya uang Gedung dan SPP bulanan gratis, membentuk tim work PPDB, melakukan pemetaan wilayah target promosi, menjalin hubungan kerja sama dengan stakeholder sekolah. menerapkan sistem publikasi melalui media cetak dan elektronik, serta melengkapi sarana dan prasarana pendidikan sekolah. 3. Strategi kegiatan di masyarakat efektif membangun rasa memiliki dan turut serta membesarkan sekolah. Pengaruh komite sekolah, tokoh masyarakat/tokoh agama juga memberikan dorongan untuk kesuksesan rekrutmen peserta didik. Melalui kegiatan di masyarakat, maka prestasi, kegiatan pengembangan minat, sarana prasarana yang makin lengkap diketahui masyarakat luas, sehingga menambah kepercayaan masyarakat kepada lembaga sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Promosi Rekrutmen, Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2021 01:46
Last Modified: 09 Nov 2021 01:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5731

Actions (login required)

View Item View Item