Peran Guru dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai (Studi Kasus Kelas B1 Pos PAUD Giri Sentana Desa Sowan Kidul, Kedung Jepara) Tahun Ajaran 2020/2021

Ummah, Dinda Rohmatul (2021) Peran Guru dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai (Studi Kasus Kelas B1 Pos PAUD Giri Sentana Desa Sowan Kidul, Kedung Jepara) Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. bagian depan.pdf

Download (553kB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (350kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. bab 1.pdf

Download (488kB)
[img] Text
5. bab 2.pdf

Download (644kB)
[img] Text
6. bab 3.pdf

Download (652kB)
[img] Text
7. bab 4.pdf

Download (443kB)
[img] Text
8. bab 5.pdf

Download (361kB)
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang: (1) perkembngan fisik motorik anak usia dini. (2) kegiatan mewarnai dalam menstimulasi perkembangan fisik motorik anak usia dini di kelas B1 Pos PAUD Giri Sentana Sowan Kidul Kedung Jepara tahun ajaran 2020/2021. (3) Untuk mengetahui peran guru dalam menstimulasi perkembangan fisik motorik anak usia dini di kelas B1 Pos PAUD Giri Sentana Sowan Kidul Kedung Jepara tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif sesuai dengan objek kajian, maka penelitian ini disebut penelitian lapangan. Di sini penulis mengambil lokasi penelitian di Pos PAUD Giri Sentana Desa Sowan Kidul Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek keabsahan datanya menggunakan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan menggunakan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perkembangan fisik motorik anak di kelas B1 sudah berkembang sesuai harapan. (2) Kegiatan mewarnai dapat digunakan untuk menstimulasi perkembangan fisik motorik anak, hal tersebut dibuktikan dengan perkembangan anak yang sudah bisa sesuai harapan setelah mendapatkan pembiasaan kegiatan mewarnai. (3) Peran guru dalam memberikan stimulasi dikelas B1 Pos PAUD Giri Sentana Sowan Kidul Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara Sudah berjalan sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Stimulasi Fisik Motorik, Kegiatan Mewarnai
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:58
Last Modified: 10 Nov 2021 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5754

Actions (login required)

View Item View Item