Penggunaan Media Audio Visual Materi Hafalan Surat-Surat Pendek Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Pada Siswa Kelas III SDIT Al-Anwar Gleget Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021

Sofa, Malina Nurus (2021) Penggunaan Media Audio Visual Materi Hafalan Surat-Surat Pendek Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Pada Siswa Kelas III SDIT Al-Anwar Gleget Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (418kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (762kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (478kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (624kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (392kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui Media Audio visual yang digunakan untuk Materi Hafalan Surat-Surat Pendek Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Pada Siswa Kelas III SDIT Al-Anwar Gleget Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021 (2) Mengetahui pengunaan media audio visual materi hafalan surat-surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pada siswa kelas III SDIT Al-Anwar Gleget Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. (3) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pengunaan media audio visual materi hafalan surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pada siswa kelas III SDIT Al-Anwar Gleget Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru al-Qur’an hadist dan siswa. Metode analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media Audio visual yang digunakan untuk Materi Hafalan Surat-Surat Pendek Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Pada Siswa Kelas III SDIT Al-Anwar yaitu berupa video animasi tentang surat-surat pendek yang sudah disiapkan oleh guru di laptop kemudian disambungkan di speaker dan di tampilkan di layar proyektor, 2) Penggunaan Media Audio Visual Materi Hafalan Surat-Surat Pendek Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Pada Siswa Kelas III SDIT Al-Anwar meliputi: pertama langkah persiapan yaitu menyiapkan media, materi didalam video, keadangan ruangan, sumber listrik kedua tahap penyajian, yaitu kegiatan dalam proses pembelajaran, ketiga adalah tahap lanjutan, yakni tahap evaluasi setelah pembelajaran, 3) Faktor pendukung penggunaan media audio visual materi hafalan surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pada siswa kelas III SDIT Al-Anwar meliputi: tersedianya sarana di sekolah berupa media, ada yang membantu memasangkan media, tersedianya, minat dan respon siswa, kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan media, dan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media audio-visual, hafalan al-Qur’an, video an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:35
Last Modified: 10 Nov 2021 03:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item