Penerapan Metode Qiroati Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Pengajaran Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMP N 1 Kragan Rembang Kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021

Jannah, Raudlotul (2021) Penerapan Metode Qiroati Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Pengajaran Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMP N 1 Kragan Rembang Kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (473kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (497kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (717kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (803kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (513kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (893kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (305kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (591kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan metode qiroati pada mata pelajaran PAI dalam pengajaran membaca Al-Qur’an siswa di SMP N 1 Kragan Rembang Kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode qiroati pada mata pelajaran PAI dalam pengajaran membaca Al-Qur’an siswa di SMP N 1 Kragan Rembang Kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek utama penelitian ini adalah guru PAI SMP N 1 Kragan Rembang dan siswa kelas VIII SMP N 1 Kragan Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data melalui triangulasi sumber, metode, dan waktu. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini meliputi, data reduction (reduksi data), penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode qiroati pada mata pelajaran PAI dalam pengajaran membaca Al-Qur’an siswa di SMP N 1 Kragan Rembang kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021dilaksanakan secara privat yangmana tidak dilaksanakan bersamaan dalam pembelajaran PAI di kelas namun di laksanakan setelah pelajaran selesai atau sepulang sekolah biasanya dilaksanakan pada hari Sabtu. Untuk siswa yang ikut bukanlah semua siswa, namun beberapa siswa yang dalam membaca Al-Qur’an mengalami kesulitan serta siswa yang masih belum lancar ketika membaca Al-Qur’an. Langkah-langkah penerapan metode qiroati adalah ketika masuk sebelum pelajaran dimulai siswa akan berdo’a terlebih dahulu setelah itu absen. Kemudian siswa akan berkumpul mengelompok sesuai dengan jilid yang mereka akan pelajari. Setiap rombel terdiri 3-5 anak dengan 1 guru PAI yang mengajar qiroati. Untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa maka akan diadakan evaluasi dengan memberikan tugas kepada siswa untuk mengganti ayat dari huruf latin ke huruf Arab serta menyalin ayat suci Al-Qur’an. Untuk penerapan metode qiroati pada pelajaran PAI adalah dengan pembacaan surat-surat pendek sebelum pelajaran dimulai, jadi ilmu qiroati yang sudah dipelajari akan diterapkan langsung bersamaan dengan pembacaan surat-surat pendek maupun ayat suci Al-Qur’an. 2) Faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung diantaranya sekolah memfasilitasi buku qiroati, guru PAI lulus sesuai dengan jurusan kelulusannya, sarana dan prasarana sudah memadai, adanya ekstrakulikuler penunjang, dan alokasi waktu yang cukup. Sedangkan faktor penghambat diantaranya siswa kurang disiplin atas kehadirannya, faktor eksternal lingkungan rumah, dan siswa yang lupa materi ketika libur semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Metode Qiroati
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:40
Last Modified: 12 Nov 2021 02:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5808

Actions (login required)

View Item View Item