Implementasi Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di RA Matholibul Huda Soco Dawe Kudus

Fu`adiyyah, Anisatul (2021) Implementasi Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di RA Matholibul Huda Soco Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (867kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (427kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (647kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (380kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1)Mendeskripsikan implementasi metode role playing untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini di RA Matholibul Huda Soco Dawe Kudus. (2)Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat metode role playing untuk meningkatlan kecerdasan emosional anak usia dini di RA Matholibul Huda Soco Dawe Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber dalam data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Implementasi metode role playing untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini di RA Matholibul Huda Soco Dawe Kudus, berdasarkan konsep pembelajarannya anak didik dapat bekerjasama dan menyelesaikan tugas yang diberikan pendidik kepada anak didik, dari hasil kegiatan pembelajaran anak dapat menerapkan hasil dari pembelajaran metode role playing untuk kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan metode role playing dikelas B telah menempuh beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Tahap perencanaan meliputi penyiapan RPPM, pembuatan RPPH serta merencanakan bahan dan alat, membagi peran, dan merancang langkah-langkah pelaksanaannya. Tahap pelaksanaan meliputi pra-pengembangan, pengembangan, penutup. Untuk tahap ini hal yang dilakukan pendidik adalah menyiapkan alat dan bahan, menyiapkan peran anak yang sesuai dengan anak, memberikan pengertian tentang tema yang akan dimainkan, dan mengarhakan tata cara pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode role playing anak memerankan peran dengan tema alam semesta, ada yang memerankan sebagai benda benda langit yakni matahari, bulan, bintang, dan ada juga yang memerankan sebagai benda alam yakni pohon, bunga, api, air. Tahap evaluasi meliputi penilaian terhadap hasil belajar dan proses pembelajaran yang telah berlangsung dari awal hingga akhir. Berdasarkan nilai karakter sosial emosional anak usia dini yang dihasilkan dari metode pembelajaran role playing yang dilaksanakan yaitu : a. Anak mampu berinteraksi dengan baik, b. Kemampuan mengekspresikan perasaan, c. Menyelesaikan masalah dengan waktu yang singkat. 2. Faktor pendukung terdapat tiga faktor yaitu: a. fasilitas yang memadai, b. Faktor guru dan teman sebaya yang selalu memotivasi agar anak selalu bersemangat. 3. Faktor penghambatnya terdapat faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari tiga faktor yaitu : a. Waktu yang terbatas, b. anak kurang aktif dan kurang bersemangat,. Sedangkan faktor eksternal yaitu : pola asuh orang tua yang otoriter maupun terlalu memanjakan dan mencemaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode role playing, Kecerdasan emosional, Anak usia dini.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:30
Last Modified: 15 Nov 2021 01:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5815

Actions (login required)

View Item View Item