Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk karakter anak kelas V di SD N Trimulyo 01 Juwana Pati Tahun Ajaran 2020/2021

An-Nisa’, Laely Ismaya (2021) Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk karakter anak kelas V di SD N Trimulyo 01 Juwana Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (523kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (851kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (658kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (868kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh yang dilakukan oleh orang tua dalam pembentukan karakter pada anak kelas V SD N Trimulyo 01 Juwana Pati dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter pada anak kelas V SD N Trimulyo Juwana Pati pada tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Subyek penelitian ini adalah orang tua dan anak kelas V SD N Trimulyo 01 Juwana Pati tahun ajaran 2020/2021. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. kemudian pengujian keabsahan data menggunakan meningkatkan ketekunan peneliti dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pola asuh orang tua kepada anak kelas V SD N Trimulyo 01 tahun ajaran 2020/2021 pada umumnya menggunakan pola asuh demokratis. Secara rincinya dari 15 informan terdapat 5 orang tua yang menggunakan pola asuh demokratis, 4 orang tua menggunakan pola asuh demokratis dengan perpaduan permisif, 5 orang tua menggunakan pola asuh demokratis dengan perpaduan otoriter, dan 1 orang tua menggunakan perpaduan antara pola asuh permisif dan demokratis. Sedangkan pola asuh yang mampu membentuk karakter pada anak kelas V SD N Trimulyo 01 adalah pola asuh demokratis dan pola asuh demokratis dengan sedikit perpaduan otoriter. 2) Terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pembentukan karakter anak kelas V SD N Trimulyo 01 pada tahun ajaran 2020/2021. Faktor internalnya yaitu latar belakang keluarga dan lingkungan, sedangkan faktor eksternalnya yaitu guru di sekolah formal maupun informal dan media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Pembentukan Karakter
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:58
Last Modified: 15 Nov 2021 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5822

Actions (login required)

View Item View Item