Fahrudin, Muhammad Faiz (2021) Kajian Materi Kurikulum Pada Proses Pembelajaran Madrasah Diniyah Nurul Huda Kuanyar Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (840kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (443kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (351kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (445kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (622kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (270kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (990kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (411kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan materi kurikulum pada proses pembelajaran Madrasah Diniyah Nurul Huda Kuanyar Jepara. (2) Untuk mengevaluasi pelaksanaan materi kurikulum pada proses pembelajaran madrsah diniyah Nurul Huda Kuanyar Jepara. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan materi kurikulum pada proses pembelajaran Madrasah Diniyah Nurul Huda Kuanyar Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Disini peneliti mengambil lokasi di Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa Kuanyar Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Materi kurikulum pada proses pembelajaran di Madrasah Diniyah Nurul Huda Kuanyar Jepara sistem perencanaan kurikulum yang digunakan ialah kurikulum LP Ma’arif. Pedoman utama dalam pembelajaran menggunakan silabus. Pembelajaran yang selalu diulang-ulang tidak menimbulkan minat belajar peserta didik tidak mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Madrasah diniyah Nurul Huda Kuanyar Jepara juga sering kali mengadakan bimbingan tambahan dalam mengadapi imtihan niha’i. (2) Evaluasi yang dilakukan oleh Madrasah Diniyah Nurul Huda Kuanyar Jepara dengan menyelenggarakan imtihan. Terdapat 2 jenis imtihan yang di adakan. Pertama, imtihan cawu/semester. Bimbingan tambahan tersebut mengulas materi dari kelas III samapi kelas VI dan mengulas soal-soal imtihan nihai tahun sebelumnya. Selain itu juga dilakukan istighosah bersama dalam menghadapi imtihan niha’i untuk kelas VI. Ketiga, ujian praktek juga diadakan untuk mengukur tingkat keterampilan dalam menyerap ilmu. Ujian praktek yang diujikan ialah ujian praktek ibadah dan ujian praktek baca kitab. (3) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan materi kurikulum pada proses pembelajaran Madrsah Diniyah Nurul Huda Kuanyar Jepara yaitu peserta didik dan pendidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran, Materi Kurikulum, Madrasah Diniyah |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 02:07 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 02:07 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5826 |
Actions (login required)
View Item |