Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Mitra Sejati Karya KH. Bisri Musthofa Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Akhlak Di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Kuripan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan

Habibah, Khoirun Nisa (2021) Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Mitra Sejati Karya KH. Bisri Musthofa Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Akhlak Di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Kuripan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (967kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)

Abstract

Fenomena menurunnya akhlak peserta didik menjadi tantangan dalam pendidikan Islam di Indonesia. Oleh karena itu, perhatian untuk mereaktualisasi sumber nilai akhlak dari karya ulama Indonesia menjadi harapan agar akhlak peserta didik dapat kembali meningkat. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk: 1) mendeskripsikan konsep Pendidikan akhlak dalam kitab Mitra Sejati Karya KH. Bisri Musthofa, (2) mendeskripsikan implementasi konseppendidikan akhlak dalam kitab Mitra Sejati Karya KH. Bisri Musthofa pada pembelajaran akhlak di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Kuripan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan; dan 3) mendeskripsikan dampak pembelajaran kitab Mitra Sejati Karya KH. Bisri Musthofapada peningkatan akhlak peserta didik di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Kuripan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data berupa, sumber data primer dan sumber data skunder. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu ustadz pengampu mata pelajaran akhlakdan kitab mitra sejati Karya KH. Bisri Musthofa, sedangkan sumber data skunder, yaitu Kepala Madrasah,Peserta Didik, Wali santri, dan kitab, buku-buku yang relavan dengan penelitian, jurnal dan lain sebagainya. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, kemudian dianalisis dengan menggunakan 3 tahap: pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) konsep Pendidikan akhlak dalam kitab Mitra Sejati karya KH. Bisri Musthofa, terdapat 11 konsep yaitu diantaranya adalah religius, jujur, toleransi, kerja keras, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, dan peduli sosial. (2) Implementasi konsep Pendidikan akhlak dalam kitab Mitra Sejati Karya KH. Bisri Musthofa pada pembelajaran akhlak di madrasah diniyah Miftahul Huda Kuripan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan akhlak peserta didik yang tampak di lingkungan madrasah dan di lingkungan keluarga, Serta diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari. (3) Dampak pembelajaran kitab Mitra Sejati Karya KH. Bisri Musthofapada peningkatan akhlak peserta didik di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Kuripan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan akhlak peserta didik yang tampak di lingkungan madrasah dan di lingkungan keluarga, serta dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kitab Mitra Sejati, KH. Bisri Musthofa, Pendidikan Akhlak
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:19
Last Modified: 15 Nov 2021 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5829

Actions (login required)

View Item View Item