Implementasi Metode Muroja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an di Islamic Boarding School (IBS) Al-Fikra MAN 1 Jepara Tahun Ajaran 2020/2021

Fauziyah, Ulyana (2021) Implementasi Metode Muroja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an di Islamic Boarding School (IBS) Al-Fikra MAN 1 Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (548kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (669kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (846kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (427kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (655kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (423kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimana penerapan metode muroja’ah dalam menjaga hafalan al-Qur’an, serta apa saja faktor penfukung dan penghambat saat diterapkannya metode muroja’ah dalam menjaga hafalan al-Qur’an di IBS Al-Fikra MAN 1 Jepara tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan 2 teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi (pengamatan secara langsung yang dilakukan oleh peneliti), wawancara dengan beberapa narasumber terkait, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di Islamic Boarding School (IBS) Al-Fikra tepatnya di lingkungan MAN 1 Jepara dengan waktu penelitian bulan Maret sampai dengan bulan april 2021. Subyek penelitian ini tertuju pada Manager IBS Al-Fikra, 2 Ustadz atau pembimbing takhfidz di IBS Al-Fikra, dan 3 santri takhfidz pemula (3 juz), penengah (12 juz), khatam (30 juz). Uji keabsahan data dari penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarik kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis selama kurang lebih satu bulan, penelitian ini menghasilkan dua temuan, antara lain adalah: 1) penerapan metode muroja’ah dilakukan melalui kegiatan setoran bersama/dibimbing oleh ustadz di waktu malam Rabu, malam Kamis, malam Sabtu atau malam Minggu. Selain dengan ustadz yaitu dengan kelompok saat halaqoh dibagi kelompok kecil beranggotakan 4 santri dan harus selesai 1 juz al-Qur’an setiap kelompoknya berlangsung di waktu setelah ashar hari Minggu. Juga melaksanakan muroja’ah dengan istiqomah diri dimanapun dan kapanpun mereka berada, yaitu seperti di taman, masjid, aula, dan di lingkungan IBS yang mendukung mereka ketika mereka melakukan muroja’ah. 2) Faktor yang mendukung saat diterapkan metode muroja’ah dalam menjaga hafalan al-Qur’an di IBS Al-Fikra yaitu dari berbagai motivasi baik dari diri sendiri, orang tua atau wali, ustadz atau pembimbing. Waktu yang terjadwal, lingkungan yang nyaman, juga fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor yang menghambat saat diterapkannya metode muroja’ah juga pada kurangnya waktu saat melakukan setor pada ustadz dan lingkungan yang mempengaruhi santri ketika mereka bersatu dengan program non takhfidz atau SAINS murni.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Muroja’ah, Hafalan al-Qur’an, Islamic Boarding School.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Nov 2021 01:43
Last Modified: 16 Nov 2021 01:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5861

Actions (login required)

View Item View Item