Pengaruh Media Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Kelas V untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MI Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021

Sulistiyana, Elya (2021) Pengaruh Media Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Kelas V untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MI Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (392kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (702kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (548kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (812kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (852kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini diantaranya adalah : Pertama, Untuk mengetahui penerapan penggunaan media Powtoon pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Matholi’ul Huda Bugel Jepara. Kedua, Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media Powtoon pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Ketiga, Untuk mengetahui hasil penerapan media Powtoon pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Matholi’ul Huda Bugel Jepara. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian lapangan atau field reserch dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Dalam desain ini ada kelompok kontrol dan eksperimen hampir sama dengan pretest-posttest control group design, yaitu terdapat kelompok yang diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini ada kelas pembanding, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan diberi pretest-posttest sehingga efek atau pengaruh hasil belajar dengan menggunakan media Powtoon dapat diketahui secara pasti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada kelas kontrol yaitu kelas V A mengajar secara konvensional dengan nilai rata-rata pretest 62,83 dan nilai rata-rata posttest 70,66. Sedangkan pada kelas eksperimen yaitu kelas V B pembelajaran yang menggunakan media Powtoon berlangsung dengan kondusif dan memperoleh hasil belajar siswa sebelum menggunakan media Powtoon rata-rata dengan nilai 64,5 dan setelah menggunakan media Powtoon dengan nilai rata-rata 86,1 Artinya, hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran menggunakan media Powtoon lebih baik dari hasil belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan thitung ≤ ttabel = 0,00 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest. Dengan demikian, penggunaan media Powtoon pada mata pelajaran IPA berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media powtoon, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Nov 2021 01:48
Last Modified: 16 Nov 2021 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5862

Actions (login required)

View Item View Item