Dewi, Nofita Puspa (2021) Problematika Pembelajaran IPA Dalam Penerapan Kurikulum 2013: (Studi Kasus Kelas IV Di MI NU Miftahul Huda 01. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (369kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (533kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (786kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (457kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (743kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (387kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (588kB) |
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu pengetahuan yang menghubungkan tentang gejala-gejala alam. Pembelajaran IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitarnya. Berdasarkan hasil TIMSS pada tingkat SMP peringkat dan skor kemampuan IPA Indonesia berada di kelompok bawah dan perolehan skornya masih sangat rendah. Untuk itu, pemerintah telah melakukan berbagai upaya salah satunya yaitu mengganti kurikulum yang sebelumnya KTSP sekarang menjadi Kurikulum 2013. Dalam penerapan Kurikulum 2013 guru masih kurang mampu menerapkan Kurikulum 2013 dengan maksimal. Pembelajaran yang dilaksanakan dalam Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan scientific. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh dan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran IPA dalam penerapan Kurikulum 2013 kelas IV di MI NU Miftahul Huda 01 mencakup tiga kegiatan pokok yaitu: pertama, perencanaan pembelajaran meliputi RPP, silabus, buku siswa, dan guru. Kedua, pelaksanaan pembelajaran meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan), dan kegiatan penutup. Ketiga, evaluasi pembelajaran meliputi ranah penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. 2) problematika pembelajaran IPA dalam penerapan Kurikulum 2013 kelas IV di MI NU Miftahul Huda 01 yaitu: pertama, problematika guru meliputi: kurangnya penggunaan metode pembelajaran, kurangnya penggunaan media pembelajaran, kurangnya keterampilan mengkondisikan atau mengelola kelas, sulit mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, alokasi waktunya berkurang, dan kurangnya kemampuan dalam menerapkan Kurikulum 2013 berbasis pendekatan scientific. Kedua, problematika siswa meliputi: kesulitan untuk berfikir secara kritis, kesulitan dalam memahami materi, kesulitan dalam hal menalar, dan kesulitan dalam hal bertanya. 3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran IPA dalam penerapan Kurikulum 2013 kelas IV di MI NU Miftahul Huda 01 yaitu: pertama, strategi yang digunakan guru, menciptakan suatu pembelajaran yang bervariasi, melakukan pendekatan pada siswa, diberikan remidial, dan memperbaiki dalam menerapkan Kurikulum 2013 berbasis pendekatan scientific. Kedua, strategi yang digunakan siswa, sering membaca, bertanya kepada guru, dan aktif didalam kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPA, Kurikulum 2013, Pendekatan Scientific |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 01:53 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 01:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5863 |
Actions (login required)
View Item |