Systematical Review dan Meta-Sintesis terhadap Perkembangan Riset STEM Pendidikan Dasar Ditinjau dari Jenis Proyek Pembelajaran

Sholikhati, Sholikhati (2021) Systematical Review dan Meta-Sintesis terhadap Perkembangan Riset STEM Pendidikan Dasar Ditinjau dari Jenis Proyek Pembelajaran. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (500kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (636kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (896kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (720kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian systematic review jenis meta-sintesis (kualitatif) dengan menggunakan metode PRISMA. Meta-sintesis merupakan teknik dalam merangkum hasil-hasil penelitian untuk mendapatkan teori maupun konsep baru, atau tingkat pemahaman yang lebih mendalam dan menyeluruh mengenai perkembangan riset STEM pendidikan dasar dan perkembangan STEM pendidikan dasar berdasarkan jenis proyek pembelajaran yang terdapat laman pengindeks sinta peringkat 1-6 pada tahun publikasi 2017-2020. Subjek penelitian ini adalah literatur-literatur ilmiah yang telah terindeks pada laman sinta peringkat 1-6. Sumber data dalam penelitian ini berupa berbaga literatur tentang STEM pendidikan dasar yang terdapat dalam jurnal ilmiah yang terindeks pada laman sinta peringkat 1-6. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan dokumen pada laman sinta dengan kriteria yang telah ditentukan. Sedangkan analisis data menggunakan Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses (PRISMA) yang dilakukan secara sistematis sesuai dengan tahapan penelitian yang benar dengan cara mendiskripsikan tentang fakta-fakta dan kemudian dilakukan tahapan analisis (meta-sintesis). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) perkembangan riset STEM pendidikan dasar di Indonesia pada empat tahun terakhir (2017-2020) sudah mulai dilaksanakan pada jenjang pendidikan sekolah dasar dikelas bawah dan kelas atas dengan menintegrasikan beberapa mata pelajaran dengan prosedur pembelajaran berbasis STEM yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan meningkatkan prestasi serta hasil belajar peserta didik. 2) perkembangan STEM pendidikan dasar berdasarkan jenis proyek pembelajaran terdapat potensi yang baik dengan adanya bermacam-macam proyek yang dapat dihasilkan melalui pembelajaran berbasis STEM jenis rekreatif, lingkungan, dan energi. Pembelajaran berbasis STEM disekolah dasar diintegrasikan dengan model pembelajaran berbasis proyek atau PjBL dengan menggunakan beberapa media pembelajaran seperti media Electrical Tandem Roller (ETR), media mobil Tandem Roller (setum), media perahu bertenaga uap, media Ensiklopedia, aplikasi Lectora Inspire, media Lightning Tamia Car, dan penyaringan air.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: STEM / STEAM, Pendidikan dasar, Proyek pembelajaran, Systematic Reviw, Meta-Sintesis, PRISMA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2021 01:29
Last Modified: 17 Nov 2021 01:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5879

Actions (login required)

View Item View Item