Implementasi Metode Cerita Islami dalam Menanamkan Moral Keagamaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Darun Najah Ngemplak Pati

Fulfalah, Ani (2021) Implementasi Metode Cerita Islami dalam Menanamkan Moral Keagamaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Darun Najah Ngemplak Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (633kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (547kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi eksplorasi yang mencoba mengetahui lebih jauh lagi mengenai implementasi metode cerita islami dalam menanamkan moral keagamaan peserta didik, bentuk moral keagamaan yang ditanamkan keepada peserta didik, dan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode cerita islami. Penelitian ini menggunakan metode-metode kualitatif, sebuah pendekatan pengumpulan data yang berusaha menguak kualitas sesuatu, keganjilan-keganjilannya dan karakter esensialnya. Subyek penelitian ini adalah 1 guru mata pelajaran aqidah akhlaq, 1 guru pengganti mata pelajaran aqidah akhlaq, dan peserta didik kelas VIII di MTs Darun Najah Ngemplak Pati. Data-data mengenai implementasi metode cerita islami dalam menanamkan moral keagamaan peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq dikumpulkan dengan teknik wawancara semi struktur, observasi partisipan, serta dokumentasi. Setelah data-data terkumpul kemudian di uji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi yakni triangulasi sumber/data dan triangulasi metode, setelah itu peneliti akan menganalisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dengan ini, peneliti mendapat 3 temuan, yaitu: 1) bentuk implementasi metode cerita islami dalam menanamkan moral keagamaan peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq melalui beberapa persiapan yakni persiapan pribadi, persiapan teknis, materi, media, dan evaluasi. 2) bentuk moral keagamaan yang ditanamkan kepada peserta didik diklasifikasikan menjadi beberapa nilai yakni nilai keimanan, nilai ibadah, nilai akhlaq, nilai psikologis. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan moral keagamaan peserta didik, faktor pendukung yakni pendidik, lingkungan, dan sumber belajar. Sedangkan faktor penghambat yakni pandemi COVID-19 dan hambatan pengelolaan kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Cerita Islami, Moral Keagamaan, Aqidah Akhlaq
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2021 01:47
Last Modified: 17 Nov 2021 01:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5880

Actions (login required)

View Item View Item