Fulfalah, Ani (2021) Implementasi Metode Cerita Islami dalam Menanamkan Moral Keagamaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Darun Najah Ngemplak Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (633kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (547kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (310kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (612kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (359kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan studi eksplorasi yang mencoba mengetahui lebih jauh lagi mengenai implementasi metode cerita islami dalam menanamkan moral keagamaan peserta didik, bentuk moral keagamaan yang ditanamkan keepada peserta didik, dan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode cerita islami. Penelitian ini menggunakan metode-metode kualitatif, sebuah pendekatan pengumpulan data yang berusaha menguak kualitas sesuatu, keganjilan-keganjilannya dan karakter esensialnya. Subyek penelitian ini adalah 1 guru mata pelajaran aqidah akhlaq, 1 guru pengganti mata pelajaran aqidah akhlaq, dan peserta didik kelas VIII di MTs Darun Najah Ngemplak Pati. Data-data mengenai implementasi metode cerita islami dalam menanamkan moral keagamaan peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq dikumpulkan dengan teknik wawancara semi struktur, observasi partisipan, serta dokumentasi. Setelah data-data terkumpul kemudian di uji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi yakni triangulasi sumber/data dan triangulasi metode, setelah itu peneliti akan menganalisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dengan ini, peneliti mendapat 3 temuan, yaitu: 1) bentuk implementasi metode cerita islami dalam menanamkan moral keagamaan peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq melalui beberapa persiapan yakni persiapan pribadi, persiapan teknis, materi, media, dan evaluasi. 2) bentuk moral keagamaan yang ditanamkan kepada peserta didik diklasifikasikan menjadi beberapa nilai yakni nilai keimanan, nilai ibadah, nilai akhlaq, nilai psikologis. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan moral keagamaan peserta didik, faktor pendukung yakni pendidik, lingkungan, dan sumber belajar. Sedangkan faktor penghambat yakni pandemi COVID-19 dan hambatan pengelolaan kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Cerita Islami, Moral Keagamaan, Aqidah Akhlaq |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 01:47 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 01:47 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5880 |
Actions (login required)
View Item |