Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Studi Kasus SMA di bawah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Kudus

ROSYIDI, IMRON (2021) Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Studi Kasus SMA di bawah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Halaman Cover.pdf

Download (994kB)
[img] Text
ABATRAK.pdf

Download (993kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (982kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (485kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB)

Abstract

Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kudus sebagai departementasi pendidikan Nadlatul Ulama Kudus, memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan moderasi beragama dalam ranah pendidikan. Lembaga Pendidikan Ma’arif memiliki peran untuk terus mangawal pendidikan yang berkarakter Ahlussunnah wal Jamaah yang bercirikan wasat}iyyah dalam beragama. Penelitian yang berjudul Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Studi Kasus SMA di bawah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Kudus menggunakan metode kualitatif untuk pengumpulan data dan analisisnya. Tahap pertama dalam penelitian yang dilakukan adalah mengumpulkan dan menganalisis data dengan metode kualitatif untuk menjawab rumusan masalah. Selain itu, dalam penelitian ini akan menggunakan pendekatan fenomenologis. Pendekatan fenomenologis secara konseptual merupakan studi sebuah wujud obyek, situasi atau kondisi dalam persepsi individu. Model moderasi beragama pada kurikulum pendidikan agama Islam Sekolah Menengah Atas, ada beberapa model kurikulum yang digunakan dalam menintegrasikan nilai moderasi beragama, yaitu : Kurikulum Tertulis (prescribed/intended curriculum), Kurikulum yang Diajarkan (taught curriculum), Kurikulum Tersembunyi (hidden currikulum) Implementasi Mengintegrasikan nilai-nilai rahmatan lil ‘alamin dan multikultural dengan pemahaman kontekstual pada materi Pendidikan Agama Islam; Mengintegasikan materi Pendidikan Agam Islam ke dalam kegiatan pengembangan dri, ekstrakurikuler dan kegiatan pembiasaan; Menggunakan pendekatan pembelajaran rasional, keteladanan, kultural dalam kegiatan pembelajaran; Upaya untuk terus mengntrol dan mendampingi keagiatan keagamaan di sekolah dan juga di media sosial; Upaya pengembangan wawasan moderasi Islam melalui melalui kegiatan penguatan Aswaja di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Moderasi, Kurikulum, PAI, SMA, LP Ma’arif Kudus
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:21
Last Modified: 17 Nov 2021 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5891

Actions (login required)

View Item View Item