Nahar, Itsna Nurin (2021) Implementasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Spiritualitas Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 1 Margoyoso. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (192kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (295kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (120kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (240kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (79kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang implementasi pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam meningkatkan spiritualitas peserta didik di SMP N 1 Margoyoso. Kajiannya dilatar belakangi oleh menurunya moralitas siswa dan kurangnya kesadaran akan pentinya nilai-nilai spiritualitas dan budi pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam meningkatkan spiritualitas peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Margoyoso 2) Spiritual siswa kelas VIII SMP N 1 Margoyoso 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam meningkatkan spiritualitas peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Margoyoso. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP N 1 Margoyoso melalui kegiatan keagamaan, intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Melalui kegiatan keagamaan diantaranya pembiasaan berperilaku dan berpakaian sopan, do’a bersama secara rutin, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, serta amal senin dan jum’at. Sedangkan dalam kegiataan intrakurikuler upaya yang dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler adalah dengan strategi, metode dan media pembelajaran. Dalam kegiatan ekstrakurikuler yakni adanya kegiatan pacu prestasi diantaranya tilawah, tartil dan rebana. 2) Spiritualitas siswa kelas VIII SMP N 1 Margoyoso dalam kategori sedang atau cukup baik seperti sering diadakannya kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan yang mana hal itu dapat memupuk kecerdasan spiritual siswa. 3) Ada beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi pendidikan agama islam dan budi pekerti dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Margoyoso diantaranya keluarga, guru, teman sebaya, motivasi, lingkungan, sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keluarga, lingkungan pergaulan, dan kurangnya motivasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Spiritualitas |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 01:14 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 01:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5902 |
Actions (login required)
View Item |