Implementasi Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Qurban dalam Mengembangkan Keterampilan Psikomotorik Siswa Kelas X MA Negeri Demak Tahun Pelajaran 2020/2021

Hidayati, Putri Wilda (2021) Implementasi Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Qurban dalam Mengembangkan Keterampilan Psikomotorik Siswa Kelas X MA Negeri Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (423kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (382kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan suatu pembelajaran apabila model pembelajaran yang digunakan bisa membuat siswa menjadi lebih kreatif, inovatif, dan mencairkan suasana kelas, model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan salah satu model yang inovatif dan kreatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran CTL (Contextual Taeching and Learning) pada mata pelajaran fiqih materi qurban dalam mengembangkan keterampilan psikomotorik siswa dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran Fiqih materi Qurban dalam mengembangkan keterampilan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap intansi pendidikan yang terkait yaitu MAN Demak. Hasil penelitian, Implementasi Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Qurban dalam Mengembangkan Keterampilan Psikomotorik Siswa Kelas X MA Negeri Demak Tahun Pelajaran 2020/2021 berjalan dengan baik dan mampu mengembangkan keterampilan psikomotorik siswa, hal ini dibuktikan adanya siswa kelas X MA Negeri Demak ketika proses pembelajaran peserta didik sudah pada tahap gerakan yang terbimbing dimana siswa mampu melakukan gerakan sesuai apa yang dicontohkan oleh guru atau siswa mampu melakukan praktik penyembelihan hewan qurban dengan baik dan benar seperti cara memegang pisau saat hendak menyembelih hewan qurban sampai proses pembagiannya siswa bisa melakukannya secara mandiri. Faktor pendukung untuk mengembangkan keterampilan psikomotorik siswa meliputi: guru aktif, siswa aktif, sarana dan prasarana yang mendukung, guru selalu memberikan motivasi dan dorongan agar siswa selalu aktif, praktek penyembelihan hewan kurban dilakukan bersama-sama dan waktu praktek tidak mengganggu jam pelajaran. Sehingga guru mampu menganalisa dan mengambil sesuatu pelajaran yang dianggap bagus serta bisa menyelesaikan hambatan-hambatan yang terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Fiqih, Keterampilan Psikomotorik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2021 01:21
Last Modified: 18 Nov 2021 01:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5903

Actions (login required)

View Item View Item