SUROYYA, SUROYYA (2021) Peran Guru Tematik untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran IPA Dalam Pembelajaran DARING Di MI NU Al-Falah Tanjung Rejo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (276kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (679kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (737kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (469kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (581kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini diantaranya adalah: Pertama, Untuk mengetahui peran guru tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA dalam pembelajaran DARING di MI NU Al-Falah Tanjung Rejo Kudus. Kedua, Untuk mengetahui faktor pendukung guru tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA dalam pembelajaran DARING di MI NU Al-Falah Tanjung Rejo Kudus. Ketiga, Untuk mengetahui faktor penghambat guru tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA dalam pembelajaran DARING di MI NU Al-Falah Tanjung Rejo Kudus. Adapun untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian lapangan atau di sebut field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini di peroleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru pengampu IPA kelas VI dan siswa kelas VI di MI NU Al-Falah Tanjung Rejo Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumetnasi. Setelah itu di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan data nya menggunakan uji kreadibilitas dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan peran guru tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA dalam pembelajaran DARING di MI NU Al-Falah Tanjung Rejo Kudus adalah: bersikap terbuka, bawasannya seorang guru harus mampu mendorong siswanya supaya berani mengungkapkan pendapatnya dan guru harus mampu memahami masalah yang dihadapi siswa; membantu siswa agar mampu memahami dan memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya secara opimal; menciptakan hubungan yang serasi dan penuh kegairahan dalam interaksi belajar mengajar; menanamkan kepada peserta didik bahwa belajar itu untuk bekal masa depan. Faktor pendukung yaitu ada dua faktor yang pertama faktor internal dan yang ke dua faktor eksternal. Faktor internal meliputi keluarga dan fasilitas, sedang faktor eksternal yaitu lingkungan masyarakat yang ada di sekitar rumah. Faktor penghambat terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi keluarga dan fasilitas sedangkan faktor eksternal dari lingkungan masyarakat disekitar rumah. Dalam penelitian ini ternyata peran guru sangat dibutuhkan terutama pada mata pelajaran IPA, guru yang dapat melaksanakan pembelajaran daring dengan benar maka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini bagi pendidikan islam adalah dimana peran guru tematik mata pelajaran IPA yang selalu mendahulukan nilai-nilai agama islam yaitu seperti selalu mengingatkan kalau belajar itu ibadah, selalu tersenyum ketika pembelajaran dan selalu bersikap baik kepada semua orang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Tematik IPA, Meningkatkan Motivasi, Pembelajaran Daring. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 01:34 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 01:34 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5908 |
Actions (login required)
View Item |