Straregi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Kelas IX Di SMP 1 Mejobo Kudus

Munawaroh, Jauharotul (2021) Straregi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Kelas IX Di SMP 1 Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (787kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (773kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (823kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (377kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perubahan situasi akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring guru PAI di SMP 1 Mejobo Kudus, bagaimana strategi yang digunakan dalam meningkatkan minat belajar pada pembelajaran daring di SMP 1 Mejobo Kudus, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi pembelajaran guru PAI untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring kelas IX di SMP 1 Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan penelitian kualitatif di SMP 1 Mejobo Kudus. Subjek penelitiannya yaitu wakil kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI kelas IX dan siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang dilakukan menggunakan teori Miles and Huberman yaitu dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP 1 Mejobo Kudus dilaksanakan melalui media Whatshapp Group, Youtube dan Google Form dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan. Adapun langkah-langkahnya: Tahap perencanaan, guru membuat silabus, merancang RPP sebelum pembelajaran, dan membuat video sesuai materi ajar. Tahap pelaksanaan, guru melaksanakan pembelajaran daring dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan, guru juga menggunakan media pendukung berupa video untuk bahan pembelajaran daring. Tahap evaluasi, guru melaksanakan kegiatan evaluasi melalui whatshapp group dan google from, 2) Strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring di SMP 1 Mejobo, yaitu strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran mandiri. Strategi guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring sudah cukup baik yaitu sebesar 80%, hal ini dapat dilihat dari antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi guru PAI untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring kelas IX di SMP 1 Mejobo Kudus yaitu faktor pendukung meliputi: adanya antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran daring, adanya sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran daring, adanya jaringan internet yang kuat dan adanya bantuan kuota internet dari sekolah. Sedangkan faktor penghambat meliputi: dalam pembelajaran daring adalah tidak adanya handphone, kurang adanya peran orang tua, tidak adanya kedisimplinan siswa, keterbatasan kuota internet, keterbatasan waktu pembelajaran dan jaringan yang lemah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Pembelajaran Daring
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2021 02:15
Last Modified: 18 Nov 2021 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5915

Actions (login required)

View Item View Item