Efektivitas Konseling behavioral Melalui teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Kelas IX Di MTs Islamiyah Blingoh

Imamah, Nurul (2021) Efektivitas Konseling behavioral Melalui teknik Cognitive Restructuring Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Kelas IX Di MTs Islamiyah Blingoh. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (716kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (529kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (773kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (981kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling behavioral melalui teknik cognitive restructuring dan mengetahui sebelum dan sesudah diterapkan konseling behavioral melalui teknik cognitive restructuring untuk mengatasi perilaku bullying siswa kelas IX di MTs Islamiyah Blingoh. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian true eskperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Hasil perhitungan rata-rata skor perilaku bullying kelompok eksperimen pada saat pretest adalah sebesar 113,87 dan perolehan posttest setelah mengikuti layanan konseling behavioral melalui teknik cognitive restructuring menurun menjadi 78. Sedangkan pada kelompok kontrol pada saat pretest adalah 110,8 dan pada saat posttest setelah mengikuti layanan konseling individu tanpa menggunakan teknik cognitive restructuring menurun menjadi 109,7. Dari hasil uji paired sample test kelompok eksperimen dengan df = 7 dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 2.365, dan diperoleh thitung = 32.829. Karena thitung> ttabel , maka (32.829 > 2.365), maka H0 ditolak dan Ha dapat diterima. Sedangkan kelompok kontrol dengan df = 7 dengan taraf signifikan0,05 sebesar 2.365, dan diperoleh thitung = 1.567. karena thitung< ttabel , maka (1.567 < 2.365), maka H0 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapakan teknik cognitive restructuring efektif untuk mengatasi perilaku bullying siswa kelas IX di Mts Islamiyah Blingoh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioral, Teknik Cognitive Restructuring, Perilaku Bullying
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:04
Last Modified: 19 Nov 2021 02:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5924

Actions (login required)

View Item View Item