Implementasi Konseling Individu Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Menanggulangi Siswa Yang Melanggar Tata Tertib Sekolah Di SMP 5 Kudus

Mulyani, Sri (2021) Implementasi Konseling Individu Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Menanggulangi Siswa Yang Melanggar Tata Tertib Sekolah Di SMP 5 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (452kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (459kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (704kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (597kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (733kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (563kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (689kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah: (1) Untuk menggambarkan bentuk pelanggaran tata tertib yang dilakukan siswa di SMP 5 Kudus. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi konseling individu dengan menngunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapi (REBT) teknik kognitif untuk menanggulangi siswa yang melanggar tata tertib di SMP 5 Kudus. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi konseling individu dengan menngunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapi (REBT) teknik kognitif untuk menanggulangi siswa yang melanggar tata tertib di SMP 5 Kudus. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMP 5 Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK dan siswa di SMP 5 Kudus, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari analisis data yang diperoleh penulis sebagai berikut: Pertama, hasil penelitian menunjukkan gambaran dari pelanggaran tata tertib yang dilakukan siswa adalah tentang pelanggaran kedisiplinan dan pelanggaran kerapian. Kedua, mengenai deskripsi implementasi konseling individu dengan menngunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapi (REBT) teknik kognitif untuk menanggulangi siswa yang melanggar tata tertib di SMP 5 Kudus melalui empat tahapan yaitu: analisis kebutuhan siswa, proses konseling, tindak lanjut dan pengawasan. Ketiga, mengenai faktor penghambat implementasi konseling individu dengan menngunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapi (REBT) teknik kognitif untuk menanggulangi siswa yang melanggar tata tertib di SMP 5 Kudus adalah kurangnya waktu untuk melakukan konseling, kurang pemahaman dari orang tua peserta didik, siswa kurang memiliki jiwa kooperatif dan sulit mengubah pandangan siswa. Sedangkan faktor pendukung implementasi konseling individu dengan menngunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapi (REBT) untuk menanggulangi siswa yang melanggar tata tertib di SMP 5 Kudus adalah adanya dukungan dari tenaga pendidik dan karyawan, mengenal karakter siswa, komunikasi yang baik dengan wali kelas dan fasilitas yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Pendekatan REBT, Pelanggaran Tata Tertib
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:04
Last Modified: 19 Nov 2021 02:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5925

Actions (login required)

View Item View Item