Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Cinema Theraphy Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX Di Smp 5 Kudus Tahun 2020/2021

Wati, Ita Indah (2021) Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Cinema Theraphy Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX Di Smp 5 Kudus Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (570kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (760kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (390kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (504kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini adalah eksperimen, yang memiliki tujuan (1) untuk mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan bimbingan kelompok dengan Teknik cinema theraphy? (2) mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok dengan Teknik cinema theraphy dapat meningkatkan motivasi belajar siswa? (3) mengetahui tingkat efektivitas motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan bimbingan kelompok melalui Teknik cinema theraphy. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada ruang lingkup kelas IX dengan jumlah responden 44 siswa, peneliti mengumpulkan data dengan Teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi Pengambilan sampel peneliti menggunakan Teknik simple random sampling dengan metode True Eksperimental Design dengan rancangan Pretest Posttest Contol Group Design. Penelitian ini diuji dengan rumus Uji Paired Sample T-Test dengan aplikasi SPSS versi 16 dan diperoleh hasil temuan yaitu: (1) kurangnya perhatian dari orangtua karena proses pembelajaran yang dilakukan secara daring, dan siswa kurang memahami pelaksanaan belajar daring, (2) pelaksanaan bimbingan kelompok dengan Teknik cinema theraphy menjadikan siswa semangat belajar sehingga dapat mempertahankan motivasi yang dimiliki, (3) berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan dengan menyebar angket terkait dengan motivasi belajar diketahui bahwa terdapat 24 siswa (54,5%) kategori rendah, 11 siswa (25%) kategori sedang dan 9 siswa (20,5%) kategori tinggi. Hasil uji statistik dikatakan siswa mengalami peningkatkan motivasi belajarnya dengan nilai pretest 14,7% dan posttest 8,03%. Sedangkan berdasarkan uji T diperoleh nilai thitung = 29, 342 dan ttabel sebesar = 2, 365 dengan taraf ketentuan 5%. Jika nilai Sig, (2 tailed) < 0,005, maka terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar daring siswa dan apabila nilai Sig, (2 tailed) > 0,005 maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar daring siswa. Hasil dari uji T diketahui bahwa nilai Sig, (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,005, berdasarkan hasil pengambilan keputusan dikatakan efektif karena nilai thitung 29, 342 > ttabel 2, 365 dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan terdapat perbedaan yang nyata dalam meningkatkan motivasi belajar daring siswa. Maka Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Cinema Theraphy efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP 5 Kudus Tahun Ajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Cinema Theraphy, Motivasi Belajar Daring
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:13
Last Modified: 19 Nov 2021 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5928

Actions (login required)

View Item View Item