Af’idah, Sailatul (2021) Konsep Pendidikan Islam Neomodernis dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam di Era Smart Society 5.0 (Studi Kasus Pesantren Modern 4 Bahasa Al Muhibbin Jatirogo Tuban). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (909kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (428kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (532kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (710kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (398kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (524kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (419kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Konsep pendidikan Islam Neo-Modernis pada Pesantren Modern 4 Bahasa Al-Muhibbin Jatirogo Tuban (2) implikasi pendidikan Islam Neo-Modernis di era smart society 5.0 pada Pesantren Modern 4 Bahasa Al-Muhibbin Jatirogo Tuban. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dengan Waka Kurikulum, Waka Humas, dan Santri. Data penelitian dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Konsep Pendidikan Islam Neomodernis Pesantren 4 Bahasa Al Muhibbin Jatirogo Tuban sistem pendidikannya mengadopsi antara konsep salafi dan konsep modern. Terdapat lembaga formal yaitu SMP Plus Al Muhibbin dan MA Plus Al Muhibbin. Bidang ilmu yang diajarkan diantaranya adalah pembelajaran kitab kuning, program 4 Bahasa (Arab, Inggris, China, Jepang), dan hafalan al-qur’an minimal 3 juz. Serta mengajarkan ekstrakulikuler dan entrepreneur. Program unggulan lain yaitu muhadloroh dan Fastabin (Festival seni tahunan Al Muhibbin) 2) Implikasi Pendidikan Islam Neomodernis Pesantren Modern 4 Bahasa Al Muhibbin jatirogo Tuban di era smart society 5. yang pertama adalah menanamkan pada diri santri agar memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah. Kedua, yaitu santri ditanamkan agar memiliki kemampuan untuk berfikir kritis. Ketiga, santri ditanamkan agar memiliki kemampuan untuk bekreativitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan Islam neomodernis, Smart Society 5.0 |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 02:16 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 02:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5929 |
Actions (login required)
View Item |