Menanamkan Minat Baca Siswa Melalui Gerakan Literasi Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tayu Tahun Pelajaran 2020/2021

Budianto, Budianto (2021) Menanamkan Minat Baca Siswa Melalui Gerakan Literasi Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tayu Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (507kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (463kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (524kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: 1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah dalam menanamkan minat baca siswa di MI Miftahul Huda Tayu Pati, 2) untuk mengetahui bagaimana Paran Guru dalam menanamkan minat baca siswa melaui Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan primer informan. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak lima orang. Informan tersebut adalah Kepala Sekolah, waka kurikulum, kor. sarpras,guru kelas 4 dan wali murid siswa kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu1) Dari tiga tahapan pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah yang digagas oleh pemerintah melalui Permendikbud no 23 tahun 2015 yang terdiri dari tahapan pembiasaan, pembelajaran dan pengembangan. Program Gerakan Literasi Sekolah di MI Miftahul Huda Tayu pati masih pada tahap pembiasaan, yaitu dengan kegiatan membaca selama 15 menit buku non-pelajaran sebelum pelajaran dimulai, aloasi waktunya pun juga belum maksimal karena hanya 3 kali dalam seminggu dan pihak Madrasah membuat perpustakaan mini yang berada disetiap kelas untuk menunjang program penanaman minat baca siswa serta majalah dinding atau mading sebagai wadah atau tempat untuk menampung hasil dari kegiatan literasi.2) Peran guru sudah cukup baik, guru mengkondisikan siswa untuk membiasakan membaca sebelum pelajaran, Guru juga berkoordinasi dengan wali murid untuk mengoptilkan program penanaman minat baca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca Siswa, Gerakan Literasi Sekolah, MI Miftahul Huda Tayu
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:18
Last Modified: 19 Nov 2021 02:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item