Implementai Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa di SMP N 4 Bae Kudus Tahun Pembelajaran 2021

Yuliana, Noor Rizqa (2021) Implementai Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa di SMP N 4 Bae Kudus Tahun Pembelajaran 2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (554kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (506kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)

Abstract

Kemampuan interaksi sosial merupakan hubungan antara individu satu dengan individu lain, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok yang saling mempengaruhi dan terdapat hubungan timbal balik. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa di SMP N 4 Bae Kudus. (2) Untuk mengetahui kondisi interaksi sosial siswa di SMP N 4 Bae Kudus. (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa di SMP N 4 Bae Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analis data yang digunakan penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Subjek penelitian ini menggambil semple 8 siswa dari 32 siswa kelas IX B yang memiliki kemampuan interaksi sosial kurang. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan (1) Implementasi layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa yang rendah. (2) Kondisi interaksi sosial siswa sudah baik tetapi masih ada beberapa siswa yang memiliki interaksi sosial yang kurang, sehingga menyebabkan proses belajar menjadi terganggu dan kurang lancar. (3) Adapun faktor pendukung implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa adalah: (1) Guru, (2) Siswa, (3) Fasilitas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: (1) Rendahnya rasa percaya diri, (2) Pola fikir siswa, (3) Teman sebaya, (4) Pihak luar (orang tua)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial
Subjects: Sosial > Interaksi Sosial
Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:24
Last Modified: 19 Nov 2021 02:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5933

Actions (login required)

View Item View Item