Mu’alimin, Mu’alimin (2021) Model Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Era New Normal Di MTs Al-Mabrur Menco Wedung Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 Cover-Kata Pengantar Kecuali Abstrak.pdf Download (835kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (265kB) |
|
Text
3 Daftar Isi.pdf Download (257kB) |
|
Text
4 Bab I.pdf Download (351kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (508kB) |
|
Text
6 Bab III.pdf Download (319kB) |
|
Text
7 Bab IV.pdf Download (541kB) |
|
Text
8 Bab V.pdf Download (224kB) |
|
Text
9 Daftar Pustaka.pdf Download (346kB) |
Abstract
Sekolah merupakan suatu lembaga formal yang mempunyai tanggung jawab besar dalam pertumbuhan generasi dengan menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah, sehingga mampu membangun peradaban bangsa. Dengan kondisi covid sekarang diharapkan akhlak siswa menjadi lebih baik, sehingga madrasah berusaha meningkatkan akhlak dengan berbagai model pembinaan akhlak, dan di harapkan peserta didik dengan kondisi new normal, madrasah mampu mencetak peserta didik yang mempunyai akhlak sesuai tuntunan Qur’ani. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui nilai-nilai dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik era new normal 2) Untuk mengetahui Perencanaan, Pelaksanaan dan evaluasi da66lam pembinaan akhlakul karimah peserta didik era new normal .3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik era new normal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif . Adapun subyek penelitian ini adalah Guru Agama, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Sarprass, dan Operator Madrasah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, baik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara analisis sebelum di lapangan, analisis selama di lapangan, dan analisis setelah di lapangan. Hasil penelitian di MTs Al-Mabrur, nilai-nilai yang di implementasikan adalah nilai religius, kedisiplinan, kejujuran kesopanan, tanggung jawab, kerja keras, peduli lingkungan, dan kreatifitas. Sedangkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam model pembinaan akhlakul karimah pada era new normal ini adalah memberikan hal yang terbaik dalam mengimplementasikan nilai sehingga siswa kedepanya bisa mengaplikasikan nilai tersebut baik di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Sedangkan faktor pendukung adalah memanfaatkan gedjet dengan baik, adannya kesadaran dalam diri siswa, teladan dari diri guru, kerjasama dengan orang tua, sarana dan prasarana. Dan faktor penghambat antara lain menyalahgunakan gadget, lingkungan siswa, latar belakang yang berbeda, terbatasnya pengawasan pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembinaan, Al akhlakul karimah, Era new normal |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 02:03 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 02:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5948 |
Actions (login required)
View Item |