Pengaruh Gaya Belajar, Pengelolaan Kelas dan Kompetensi Kepribadian GuruPAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Se-Kecamatan Dempet Bidang Studi PAI Tahun Pelajaran 2015/2016

Muslim, Abdul Azis (2016) Pengaruh Gaya Belajar, Pengelolaan Kelas dan Kompetensi Kepribadian GuruPAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Se-Kecamatan Dempet Bidang Studi PAI Tahun Pelajaran 2015/2016. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02 Abstrak.pdf

Download (647kB)
[img] Text
03 daftar isi.pdf

Download (395kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (783kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (619kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (754kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text
10 DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa bidang studi PAI, (2) Pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa bidang studi PAI, (3) Pengaruh komptensi kepribadian guru dengan prestasi belajar siswa bidang studi PAI, (4) Pengaruh gaya belajar, pengelolaan kelas dan kompetensi kepribadian guru terhadap pengelolaan kelas dengan prestasi belajar siswa bidang studi PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post facto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif regresi. Populasi penelitian ini adalah Siswa Kelas VII dan VIII Semester Genap SMP Se-Kecamatan Dempet Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknikpurposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 siswa yang diambil dari dua SMP yang masing-masing kelas terdiri dari 4-5 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi, prestasi belajar dengan menggunakan dokumentasi berupa raport. Sedangkan variabel gaya, pengelolaan kelas dan kompetensi kepribadian guru PAI menggunakan angket. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas menggunakan rumus teknik korelasi product moment dari Pearson dan untuk uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana dan regresi ganda dengan terlebih dahulu diadakan uji persyaratan yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh gaya belajar dengan prestasi siswa dibuktikan nilai koefisien korelasi yang positif yaitu sebesar 0,273, nilai koefisien regresi positif yaitu sebesar 0,326, ρ value 0,001 < 0,06 dan nilai koefisien determinan (R2) = 0,075.; (2) Terdapat pengaruh pengelolaan kelas dengan prestasi siswa dibuktikan koefisien korelasi bernilai positif yaitu sebesar 0,333 dan koofisien regresi sebesar 0,374ρ value 0,001< 0,05, dan nilai koefisien determinan (R2) = 0,111.; (3) Terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI dengan prestasi siswa dibuktikan koefisien korelasi positif sebesar 0,294 dan regresi bernilai positif yaitu sebesar 0,316, ρ value 0,003< 0,05, dan nilai koefisien determinan (R2) = 0,087. 4) Terdapat pengaruh gaya belajar, pengelolaan kelas dan kompetensi kepribadian guru PAI dengan prestasi siswa dibuktikan analisis regresi linear ganda didapatkan hasil nilai koefisien regresi gaya belajar bernilai positif yaitu sebesar 0,260, koefisien regresi pengelolaan kelas bernilai positif yaitu sebesar 0,400 dan koefisien regresi kompetensi kepribadian guru PAI bernilai positif yaitu sebesar 0,313, ρ value 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinan (R2) = 0,265 serta nilai korelasi 0,515. Kata kunci: Gaya Belajar, Pengelolaan Kelas dan Kompetensi Kepribadian Guru PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Agama
Islam (Umum)
Islam (Umum) > Islam dan Teknologi
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Admin adm STAIN Kudus
Date Deposited: 16 Feb 2017 00:53
Last Modified: 16 Feb 2017 00:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item