Pengembangan Video Stop Motion Graphic Animation Berorientasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) pada Materi Global Warming Tingkat SMP/MTs

Puspita, Ika (2021) Pengembangan Video Stop Motion Graphic Animation Berorientasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) pada Materi Global Warming Tingkat SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (773kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (621kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (855kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (718kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) merancang dan menghasilkan video stop motion graphic animation berorientasi STEAM materi global warming yang digunakan sebagai media pembelajaran dan 2) mengetahui respon peserta didik terhadap video stop motion yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini meliputi 7 tahap, yaitu 1) research and information collecting, 2) planning, 3) develop preliminary form of, 4) preliminary field testing, 5) main product revision, 6) main field testing, and 7) operational product revision. Uji coba dilaksanakan setelah melalui uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba dilaksanakan di MTs Manbaul Huda Ngaluran Karanganyar Demak dengan melibatkan 7 peserta didik kelas VII pada uji coba skala kecil dan 28 peserta didik pada uji coba lapangan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif dari data kuantitatif untuk pengembangan produk video stop motion graphic animation berorientasi STEAM materi global warming guna mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) menghasilkan produk media pembelajaran berupa video stop motion graphic animation berorientasi STEAM materi global warming yang sangat layak digunakan berdasarkan penilaian dari ahli media sebesar 92% dan ahli materi sebesar 84,8%, 2) respon peserta didik terhadap video stop motion sangat puas berdasarkan hasil penilaian yang didapatkan pada uji coba skala kecil dan uji coba lapangan. Hasil uji coba skala kecil mendapatkan presentase skor rata-rata 96,95% dan uji coba lapangan mendapatkan presentase skor rata-rata 85,7% yang berarti media video stop motion graphic animation berorientasi STEAM materi global warming dapat diterima oleh peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Stop Motion, STEAM, Global Warming
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:20
Last Modified: 22 Nov 2021 04:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item View Item