Pengaruh Penerapan Media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MI NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak

Alwiyah, Najmatul (2021) Pengaruh Penerapan Media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MI NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (501kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (775kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (831kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (873kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (446kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini diantaranya adalah : Pertama, Untuk mengetahui perencanaan penggunaan media KOKAMI pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas IV di MI NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak. Kedua, Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media KOKAMI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas IV di MI NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak. Ketiga, Untuk mengetahui hasil penerapan media KOKAMI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas IV di MI NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dengan pengukuran pretest-postest. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media KOKAMI berlangsung dengan kondusif. Hasil belajar siswa yang tidak mendapatkan perlakuan pembelajaran media KOKAMI rata-rata dengan nilai 67,59 dan hasil belajar siswa setelah mendapatkan perlakuan pembelajaran media KOKAMI rata-rata dengan nilai 83,97. Artinya, hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media KOKAMI lebih baik dari hasil belajar tidak mendapatkan perlakuan. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan t_hitung ≤ t_tabel = 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar setelah mendapatkan perlakuan dan tidak mendapatkan perlakuan. Dengan demikian, penggunaan media KOKAMI pada mata pelajaran Aqidah Akhlak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlak, Hasil Belajar, Media KOKAMI.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:59
Last Modified: 23 Nov 2021 01:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5965

Actions (login required)

View Item View Item