Pengembangan Modul Pembelajaran IPA berorientasi Nature of Science (NOS) Pada Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Untuk Meningkatkan Hasil belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamotan

Sa’adah, Latifatus (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA berorientasi Nature of Science (NOS) Pada Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Untuk Meningkatkan Hasil belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamotan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (968kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (563kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (349kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)

Abstract

Modul bermuatan Nature of Science (NOS) merupakan sebuah modul yang dirancang dengan mengeksplisitkan dan merefleksikan aspek Nature of Sience (NOS) dalam setiap kegiatan pembalajaran. Tujuan pengembangan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap pengembangan modul pembelajaran IPA berorientasi Nature of Science (NOS) pada materi zat aditif dan zat adiktif, bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan pembelajaran modul IPA berorientasi Nature of Science(NOS) pada materi zat aditif dan zat adiktif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) mengikuti model pengembangan 4D Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu tahap Pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop). dilakukan perancangan pengembangan modul IPA berorientasi Nature of Science (NOS), (3) Tahap pengembangan (develop), dilakukan uji kelayakan oleh dosen ahli. Subjek penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas VIII C. Hasil penelitian ini adalah: (1) Modul saya yang berbasis Nature of Science (NOS) layak digunakan (2) Hasil respon peserta didik terhadap pengembangan modul IPA berorientasi Nature of Science (NOS) sebesar 91,25 dengan kategori “Sangat Baik”. (3) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya pembelajaran modul IPA berorientasi Nature of Science (NOS) ditunjukkan dengan nilai rata-rata peserta didik 80,16 dengan kategori “Lulus”. Berdasarkan data hasil uji coba kevalidan, bahan ajar yang telah direvisi berada pada kategori valid. Hal ini menandakan bahan ajar yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Pentingnya peserta didik dalam menguasai atau memahami NOS diantaranya: (1) menolong peserta didik untuk memahami pengetahuan ilmiah dapat bertahan lama namun tentative, (2) pemahaman NOS dapat digunakan untuk menjawab tantangan pada abad 21 dimana permasalahan-permasalahan memerlukan solusi yang inovatif. (3) membantu peserta didik dalam menyikapi dan mengambil keputusan yang berkaitan dengan persoalan sains. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul IPA berorientasi Nature of Science (NOS) memenuhi kategori valid, efektif, dan praktis sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan dan penting untuk dipelajari peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar , Nature of Science (NOS), Zat aditif dan zat adiktif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:10
Last Modified: 23 Nov 2021 02:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5968

Actions (login required)

View Item View Item