Sugiyanti, Sugiyanti (2021) Pendidikan Nilai-Nilai Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Dikelas VIII (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (131kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (301kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (503kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (162kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (456kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (187kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penanaman nilai-nilai akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2020/2021, 2) metode yang digunakan untuk penanaman nilai-nilai akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2020/2021, 3) materi pembelajaran akidah akhlak yang diterapkan dalampembentukan karakter peserta didik di MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan yang dilakukan peneliti di dalam ruangan dan diluar ruangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui, 1) observasi pembelajaran akidah akhlak yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dan peserta didik MTs N 2 Kudus, 2) wawancara kepala madrasah mengenai penanaman nilai-nilai akidah akhlak dalam pembentukan karakter dan lingkungan madrasah, dengan guru akidah akhlak mengenai metode yang digunakan pada saat pembelajaran akidah akhlak yang dilaksanakan oleh peserta didik, materi pembelajaran akidah akhlak yang diterapkan dalam pembentukan karakter, 3) dokumentasi mengenai kegiatan pembelajaran akidah akhlak. Sumber data yang diperoleh dari kepala madrasah, guru akidah akhlak dan peserta didik MTs N 2 Kudus kelas VIII A. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penanaman nilai-nilai akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserat didik di MTs N 2 Kudus tahun pelajaran 2020/2021 yaitu memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, cakap, kreatif, mandiri dan tanggung jawab serta dapat menerapkan nilai-nilai akidah akhalak pada kehidupan sehari-hari, 2) metode yang digunakan pada saat pembelajaran akidah akhlak yang dilaksanakan oleh peserta didik menggunakan beberapa metode yaitu metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode kisah, 3) materi pembelajaran akidah akhlak yang diterapkan dalam pembentukan karakter yang dapat membentuk karakter peserta didik di Madrasah Negeri 2 Kudus Salah satunya yaitu materi terkait adab kepada orang tua, adab kepada guru dan adab dalam bersosial media
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Akidah Akhlak, Karakter, Peserta Didik |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 02:31 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 02:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5970 |
Actions (login required)
View Item |