Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di MI NU AL-Falah Tanjungrejo Kudus

Nisa’, Choirun (2021) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di MI NU AL-Falah Tanjungrejo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (564kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (828kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (761kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (655kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (864kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (471kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini diantaranya adalah: Pertama, Untuk mengetahui penerapan penggunaan media e-comic pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas VI di MI NU AL-Falah Tanjungrejo kudus. Kedua, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media e-comic pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas VI di MI NU AL-Falah Tanjungrejo Kudus. Ketiga, untuk mengetahui hasil penerapan media e-comic dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas VI di MI NU AL-Falah Tanjungrejo Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasy Experimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI NU AL-Falah Tanjungrejo Kudus. Adapun tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media e-comic berlangsung dengan kondusif. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media e-comic rata-rata dengan nilai 62 dan setelah menggunakan media e-comic dengan nilai rata-rata 84,4. Artinya hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media e-comic lebih baik dari hasil belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan thitung ≤ ttabel = 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest. Dengan demikian, penggunaan media e-comic pada mata pelajaran Aqidah akhlaq berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VI MI NU AL-Falah Tanjungrejo Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media E-Comic, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:25
Last Modified: 23 Nov 2021 07:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5975

Actions (login required)

View Item View Item