PENERAPAN STRATEGI VIDEO CRITIC PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MA NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HIKMAWATI, KHORIQ (2016) PENERAPAN STRATEGI VIDEO CRITIC PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MA NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, stain kudus.

[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah dalam proses belajar mengajar Mata Pelajaran Fiqih di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus kurang mendapat perhatian dalam penggunaan strategi pembelajaran aktif, kreatif dan menyenagkan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik. Pendidik yang hanya menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah dalam proses pembelajaran fiqih menjadikan peserta didik bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran. Agar peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh, maka pendidik menerapkan strategi pembelajaran video critic diharapkan peserta didik dengan cepat, mudah memahami materi dan dapat diingat dengan long memory . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan dalam lapangan atau penilitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) kepada kepala madrasah,waka kurikulum, guru Mata Pelajaran Fiqih dan peserta didik kelas XI IPA 11, dan melalui dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa Penerapan Strategi Video Critic Pada Pembelajaran Fiqih di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu: Pertama, penerapan strategi tersebut terdapat 3 tahapan dalam proses pembelajarannya, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian (evaluasi). Kedua, faktor pendukung dalam penerapan Strategi Video Critic Pada Pembelajaran Fiqih. Yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar, memiliki rasa ingin tahu terhadap materi yang diberikan guru yang nantinya bisa mereka terapkan dalam kehidupannya sehari-hari, dapat mengasah kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik nya dalam proses pembelajaran aktif ini, melatih peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik karena di dalam penerapan strategi video critic ada diskusi yang dilakukan peserta didik, lebih mudah memahami materi dan dapat diingat dengan long memory, peserta didik dapat mengasah berfikir kritisnya saat berlangsungnya diskusi. Faktor penghambat yaitu : Peserta didik yang pandai akan mendominasi pembelajaran dan yang aktif hanya itu-itu saja. Peserta didik juga kurang semangat ketika proses pembelajaran dilaksanakan pada jam terakhir atau jam menjelang waktu peserta didik pulang. Strategi video critic ini membutuhkan waktu yang lama yang kadang tidak memungkinkan dapat terselesaikan dalam satu kali pertemuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Video Critic; Pembelajaran; Fiqih
Subjects: Sosial > Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 02:27
Last Modified: 18 Feb 2017 02:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item