Upaya Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di MI NU Suryawiyyah Mejobo Kudus

Setyorini, Dina (2021) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di MI NU Suryawiyyah Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (669kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (696kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (379kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 di MI NU Suryawiyyah Mejobo Kudus dan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 di MI NU Suryawiyyah Mejobo Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan data uji kredibilitas yang meliputi triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan kurikulum darurat yang bersumber dari kurikulum 2013 yang disederhanakan sehingga hanya memuat materi esensial. Pembelajaran ini menggunakan media WhatsApp dan Facebook. Proses pembelajaran daring sama halnya dengan pembelajaran offline akan tetapi proses komunikasinya menggunakan media tersebut. Penilaian pembelajaran daring meliputi penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. Kebijakan sekolah yaitu menerapkan kurikulum darurat dan memberikan bantuan kuota gratis untuk setiap siswa. 2) Upaya guru untuk mengatasi kejenuhan siswa dengan memaksimalkan WhatsApp dan Facebook sebagai media pembelajaran, memaksimalkan peran guru dan orang tua, meningkatkan kreativitas siswa serta mengadakan variasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Daring.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Nov 2021 01:38
Last Modified: 25 Nov 2021 01:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5988

Actions (login required)

View Item View Item