’Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Learning Dengan Teknik Brainstorming dalam pemahaman siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak Tahun Pelajaran 2020/2021

Hakim, Lutfi (2021) ’Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Learning Dengan Teknik Brainstorming dalam pemahaman siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (555kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (402kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (494kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (361kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)

Abstract

Latar Belakang penyusunan skripsi ini karena peneliti tertarik mengetahui tentang implementasi model pembelajaran collaborative Learning yang di terapkan oleh seorang guru fiqih kelas IX ini , dengan teknik Brainstorming dalam pemahaman siswa guna mewujudkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan proses implementasi Model Pembelajaran Collaborative Learning Dengan Teknik Brainstorming dalam pemahaman siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Mendeskripsikan hasil implementasi model pembelajaran Coolaborative Learning dengan teknik brainstorming dalam pemahaman siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research ) dan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat diskriptif yaitu mendiskripsikan suatu peristiwa sesuai kejadian yang terjadi saat ini. Hasil penelitian yang di peroleh adalah : ( 1 ) Proses Implementasi Model pembelajaran Collaborative Learning dengan teknik Brainstorming dalam pemahaman siswa mata pelajaran fiqih kelas IX di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak berjalan dengan baik, hasilnya dengan menerapkan model tersebut para peserta didik lebih aktif, suasana kelas menjadi lebih hidup dari pada menggunakan metode ceramah saja. ( 2 ) Metode ini sudah diterapkan selama tiga tahun dan berjalan dengan baik serta respon dari peserta didik satu kelas bisa memahami materi pembelajaran, sehingga siswa yang tidak paham menjadi paham dan yang sebelumnya belum pernah aktif bertanya menjadi aktif bertanya. Pada akhirnya kelaspun suasananya tidak jenuh dan menjadi lebih menarik, kedepannya harapanya para siswa bisa mudah menerima materi yang di sampaikan oleh pendidik khususnya pada mata pelajaran fiqih, peserta didik diharapkan lebih aktif dan dapat berpendapat sesuai dengan pemikiran sendiri, siswa menjadi lebih baik dan ada perkembangan dan peningkatan di setiap harinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Collaborative Learning, Teknik Brainstorming
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:11
Last Modified: 02 Dec 2021 04:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6010

Actions (login required)

View Item View Item