Kegiatan Shalawat Asnawiyyah Dalam Mengembangkan Sikap Religius Peserta Didik MTs Qudsiyyah Menara Kudus Tahun Pelajaran 2020-2021

Wafa, Yusrul (2021) Kegiatan Shalawat Asnawiyyah Dalam Mengembangkan Sikap Religius Peserta Didik MTs Qudsiyyah Menara Kudus Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (552kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan sikap religious peserta didik melalui kegiatan Shalawat Asnawiyyah di MTs Qudsiyyah Menara Kudus dan mengetahuai factor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pengembangan sikap religious peserta didik melalui kegiatan Shalawat Asnawiyyah di MTs Qudsiyyah Menara Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan field research yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autentik secara obyektif atau studi lapangan. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah primer yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan keagamaan serta peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya melalui observasi, wawancara kepada kepala sekolah, waka kurikulum dan keagamaan serta peserta didik dengan obyek penelitian di MTs Qudsiyyah Menara Kudus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan sikap religious melalui kegiatan Shalawat Asnawiyyah di MTs Qudsiyyah Menara Kudus adalah (1) MTs Qudsiyyah Menara Kudus selalu membiasakan peserta didik untuk membaca Shalawat Asnawiyyah. Pembacaan shalawat dilaksanakan setiap hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar selesai sekitar pukul 12.30 WIB. Setiap kegiatan siswa dibiasakan selalu membaca Shalawat Asnawiyyah seperti kegiatan orientasi peserta didik baru, Rapat pngurus, Pelantikan pengurus osis, kegiatan keagamaan siswa, kegiatan paramuka siswa, dan lain sebagainya. Kemudian setiap hari peserta didik dibiasakan mendengar Shalawat Asnawiyyah ketika sebelum kegiatan belajar mengejar dilaksanakan sekitar pukul 06.30 sampai 07.00 melalui pengeras suara. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan sikap relgius melalui kegiatan Shalawat Asnawiyyah di MTs Qudsiyyah Menara Kudus: pertama, faktor internal yang berkaitan dengan motivasi dan kesadaran dalam diri peserta didik pentingnya Shalawat Asnawiyyah. Kedua, faktor eksternal yang berkaitan dengan adanya grup rebana Al Mubarok, pengaruh teman, bimbingan guru dan pengawasan orang tua saat di rumah. Ketiga, manajemen sekolah yang berkaitan dengan perencanaan mulai dari jadwal pelaksanaan, petugas kegiatan, adanya sarana prasarana yang mendukung, dan program-program sekolah yang mendukung kegiatan Shalawat Asnawiyyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Shalawat Asnawiyyah, Sikap Religius
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2021 01:33
Last Modified: 03 Dec 2021 01:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6012

Actions (login required)

View Item View Item