Pengaruh Penerapan Strategi Synergetic Teaching Terhadap Kenyamanan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Viii Di Mts Darul Falah Sirahan Cluwak Pati

Umma, Masholichul (2021) Pengaruh Penerapan Strategi Synergetic Teaching Terhadap Kenyamanan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Viii Di Mts Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (605kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (524kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (533kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (357kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui penerapan strategi synergetic teaching pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati, untuk mengetahui kenyamanan belajar peserta didik kelas VIII di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati dan untuk mengetahui pengaruh strategi synergetic teaching terhadap kenyamanan belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data numerical atau angka yang diolah dengan metode statistika. Dalam penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan yaitu penelitian yang data informasinya diperoleh dalam kegiatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Darul Falah yang terdiri 190 responden dari 123 siswa. Dengan teknik pengumpulan data angket kuosioner, wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan tehnik analisis sederhana memperoleh temuan antara lain: diperoleh ratarata variabel X (strategi synergetic teaching) sebesar 47,38 yang termasuk dalam interval (33 - 40) berkategori setuju dan variabel Y (kenyamanan belajar) sebesar 48,13 yang termasuk dalam interval (33 - 40) berkategori setuju. Dari hitungan yang diperoleh besarnya pengaruh variabel X (strategi synergetic teaching) terhadap variabel Y (kenyamanan belajar) adalah sebesar 0,81%. Untuk hasil pengujian hipotesis diperoleh Fhitung sebesar 515,85 dibandingan dengan Ftabel signifikansi 5% dengan dk 1 : 123 diperoleh nilai sebesar 3,94 sehingga Fhitung lebih besar dari Ftabel ( 515,85 > 3,94 ) maka hipotesis mengatakan ”ada pengaruh penerapan strategi synergetic teaching terhadap kenyamanan belajar peserta didik mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VIII MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati” diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Synergetic Teaching, Kenyamanan Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2021 01:41
Last Modified: 03 Dec 2021 01:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6014

Actions (login required)

View Item View Item