Hanna, Dian Wardatul (2021) Pendidikan Islam Berbasis Islam Wasathiyah (Studi Kasus Pembelajaran Ke-Nu-an di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (479kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (599kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (326kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (628kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (390kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Ke-Nu-an di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Untuk mengetahui penerapan pendidikan Islam berbasis Islam wasathiyah pada pembelajaran Ke-Nu-an di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan Islam berbasis Islam wasathiyah pada pembelajaran Ke-Nu-an di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ke-NU-an di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus terdiri dari tiga bagian yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran ke-NU-an mengacu pada silabus dan RPP yang memuat kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, materi pokok, penilaian, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu dan sumber belajar. Pelaksanaan pembelajaran ke-NU-an di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus dilakukan seminggu satu kali pada hari kamis. Materi pembelajaran ke-NU-an di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus beragam antara lain mengenai Ayo Yasinan, Mari Amalkan Yasinan, Ayo Tahlilan, Ayo Memahami Tahlil dan Mengamalkannya dan lainnya. Aspek evaluasi dilakukan dengan ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan praktek menghafal untuk mengetahui aspek psikomotorik siswa. Pendidikan Islam berbasis Islam wasathiyah pada pembelajaran Ke-NU-an di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus diterapkan kedalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat kompetensi inti yaitu mengutamakan perilaku moderat dan percaya diri (at-tawasuth wal-I’tidal), keseimbangan (attawazun), toleransi (tasamuh). Faktor pendukung penerapan pendidikan Islam berbasis Islam wasathiyah pada pembelajaran Ke-NU-an di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus antara lain faktor kesiapan guru, kemampuan dan kompetensi guru dalam mengajar. Faktor selanjutnya yaitu kesiapan siswa dalam pembelajaran yang berupa kesiapan fisik dan kesiapan psikis. Faktor pendukung selanjutnya adalah dukungan lingkungan sekitar yaitu lingkungan yang beragam yang menjaga toleransi antar tetangga. Sedangkan faktor penghambat penerapan pendidikan Islam berbasis Islam wasathiyah pada pembelajaran Ke-NU-an di MI NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus yaitu alokasi waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam berbasis Islam Wasathiyah, Pembelajaran Ke-NU-an. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 02:14 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 02:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6044 |
Actions (login required)
View Item |