Peran Guru Kelas Sebagai Panutan Dalam Membina Akhlak Sopan Santun Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Muna, Nisaul (2021) Peran Guru Kelas Sebagai Panutan Dalam Membina Akhlak Sopan Santun Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (599kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (779kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (731kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (794kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu peran guru kelas yang menjadi figur panutan bagi peserta didik yang lebih memberikan kesan sangat disegani atas kepribadiannya dalam membina akhlak sopan santun peserta didik . Hal ini yang mendorong atas peran guru kelas sebagai panutan dalam membina akhlak sopan santun siswa di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peran guru kelas dalam membina akhlak sopan santun siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus.2) Memahami faktor pendukung dan penghambat peran dari guru kelas dalam membina akhlak sopan santun siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus. 3) Menganalisis solusi yang dilakukan guru kelas dalam membina akhlak sopan santun siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif.. Penelitian ini akan mendapatkan sumber data yang lengkap yaitu data primer dan data sekunder. Sumber primer meliputi kepala MI, 2 tenaga pendidik dan 1 wali peserta didik. Sumber primer didapat melalui wawancara dan observasi. Sedangkan sumber sekunder yang akan mendukung data primer didapatkan melalui dokumentasi. Adapun penelitianini menggunakan teknik pengumpulan data antara lain Wawancara, Oberservasi dan Dokumentasi. Pada penelitian ini pengujian keabsahan data yang digunakan yaitu 1) Uji kredibilitas data, terdapat beberapa macam cara pengujian atas kredibilitas data antara lain perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, trianggulasi data, menggunakan bahan referensi, member check. 2) Uji transferability, 3) Uji depandability, 4) Uji confirmability. Pada penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu untuk menguji validitas data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) Peran guru kelas sebagai panutan dalam membina akhlak sopan santun siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus peran tersebut dapat diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar di lingkungan madrasah dengan halnya peran seorang guru yaitu sebagai pendidik, pembimbing, model atau tauladan, penasihat dan motivator, 2) Faktor Pendukung dalam peran guru kelas sebagai panutan dalam membina akhlak sopan santun siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus adalah a. Figur seorang guru, b. Dorongan dari orang tua, c. Dorongan dan nasihat dari masyarakat. Sedangkan faktor penghambat dalam peran guru kelas sebagai panutan dalam membina akhlak sopan santun siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus adalah faktor lingkungan sekitar, didikan orangtua yang salah, dan penggunaan media sosal berlebihan. 3)Solusi dari faktor penghambat peran guru kelas sebagai panutan dalam membina akhlak sopan santun siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI NU Raudlatus Shibyan 02 Peganjaran Bae Kudus adalah a. Selalu memberikan pembimbingan dan peringatan setiap hari kepada peserta didik, b. Terapkan budaya mengaji dan sholat berjamaah, c. Membiasakan mencium tangan kedua orangtua jika hendak bepergian dan beraktifitas keluar rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Kelas, Membina Akhlak Sopan Santun
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Dec 2021 02:58
Last Modified: 08 Dec 2021 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6065

Actions (login required)

View Item View Item