Efektivitas Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Siswa Kelas V MI Assalam Singorojo Mayong Jepara

Rahmawati, Ani (2021) Efektivitas Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Siswa Kelas V MI Assalam Singorojo Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (434kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (344kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (445kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media komik dalam pembelajaran IPS materi keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V MI Assalam Singorojo Mayong Jepara. Oleh karena itu rumusan masalah penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui. efektivitas media komik dalam pemebelajaran IPS materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia siswa kelas V di MI Assalam Singorojo Mayong Jepara. 2. Dampak penggunaan media komik dalam pembelajaran IPS materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia siswa kelas V di MI Assalam Singorojo Mayong Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Hasil belajar siswa kelas V MI Assalam singorojo sebelum menggunakan media komik menunjukkan kebosanan dan kejenuhan dalam memahami dan menerima materi yang diajarkan bahkan siswa terlihat enggan membaca buku yang berisi materi-materi pembelajaran yang dapat dilihat dari nilai mata pelajaran IPS materi keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dimana rat-rata nilai dalam materi tersebut masih dibawah KKM atau Kriteria ketuntasan minimum. Setelah menggunakan media komik ada peningkatan nilai mata pelajaran IPS materi keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia sebesar 47% dilihat dari peningkatan nilai sebelum dan penggunaan media komik siswa merasa senang dan bersemangat dalam belajar saat menggunakan media komik serta antusias yang tinggi ditunjukkan oleh siswa pada saat kegiatan belajar menggunkan media komik. 2.Terdapat dampak positif penggunaan komik yaitu meningkatkan minat membaca siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, membangkitkan rasa ingin tahu, meningkatkan minat baca siswa. Selain itu terdapat pula dampak Negatif dari penggunaan komik antara lain timbul rasa malas, membatasi imajinasi, serta menimbulkan sifat adiktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Komik, Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Dec 2021 01:42
Last Modified: 10 Dec 2021 01:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6078

Actions (login required)

View Item View Item