Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Entrepreneur Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

HIDAYANTI, NOOR WAHYU (2021) Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Entrepreneur Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (499kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (603kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat entrepreneur mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi berwirausaha terhadap minat entrepreneur mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat entrepreneur mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner, metode dokumentasi dan observasi. Pengujian data meliputi uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji normalitas. Teknik analisis data yang meliputi analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t parsial dan uji f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pembelajaran kewirausahaan terhadap minat entrepreneur mahasiswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan perhitungan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (4,850 > 1,985) artinya pembelajaran kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat entrepreneur. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi berwirausaha terhadap minat entrepreneur mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi variabel motivasi berwirausaha sebesar 0,000 < 0,05 serta nilai thitung > ttabel (4.947 > 1,985) artinya motivasi berwirausaha berpengaruh signifikan terhadap minat entrepreneur. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pembelajaran kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat entrepreneur mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Fhitung sebesar 47.605 dengan tingkat signifikansi 0,000. Ini artinya Fhitung > Ftabel (47.605 > 3,09) dan tingkat signifikansi <0,05 (0,000 <0,05). Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka pembelajaran kewirausahaan dan motivasi berwirausaha secara simultan dan signifikan memiliki pengaruh positif terhadap minat entrepreneur mahasiswa FEBI di IAIN Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Entrepreneur
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:08
Last Modified: 13 Dec 2021 03:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6091

Actions (login required)

View Item View Item