Ulfa, Lina Inayatul (2021) Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Media Video Pembelajaran Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus Anak Tunarungu Kelas VII Di SMPLBS Sunan Muria Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1.BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (621kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (556kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (298kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (713kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (746kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) implementasi pembelajaran jarak jauh melalui media video pembelajaran PAI untuk anak tunarungu di SMPLBS Sunan Muria Dawe Kudus. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui media video pembelajaran untuk anak tunarungu di SMPLBS Sunan Muria Dawe Kudus. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu dengan meneliti langsung ke tempat penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi Pengumpulan Data (Data Collection), Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Penarikan Kesimpulan (Verification). Berdasarkan hasil penelitian dari peneliti, maka peneliti mengemukakan bahwa: 1) Dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui media video pembelajaran untuk anak tunarungu kelas 7 di SMPLB Sunan Muria dilakukan dengan 3 tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Langkah-langkah yang dilakukan pertama guru membuat video langsung sendiri atau video diambil dari youtube. Dalam penyampaian video pembelajaran guru menggunakan gerak bibir dan gerak tubuh, kedua guru mengirim materi dalam bentuk video pembelajaran melalui grup kelas whatsapp, ketiga guru memberikan pertanyaan sebagai umpan balik dari materi yang sudah disampaikan dengan memberikan tugas kepada siswa.2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran jarak jauh PAI melalui media video pembelajaran untuk anak tunarungu. Faktor pendukung yaitu guru diberikan pelatihan khusus dalam penggunaan media berbasis IT (ilmu teknologi) dan pihak sekolah memberikan bantuan subsidi kuota internet. Faktor penghambat berasal dari siswa, guru, orang tua, dan sarana prasarana. Pertama pihak siswa yang mengalami hambatan dalam pendengaran sehingga kesulitan dalam memahami materi, kedua pihak guru yang bukan lulusan dari pendidikan khusus sehingga kesulitan dalam berkomunikasi dan menyampaikan materi dengan bahasa isyarat, ketiga pihak orang tua yang terlalu sibuk bekerja sehingga berdampak pada anak menjadi tidak semangat dalam belajar karena kurang motivasi, keempat pihak sarana prasarana yang kurang mendukung yaitu Handphone (Hp) yang terkadang dibawa orang tua bekerja
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Jarak Jauh, Media Video, PAI, ABK, Tunarungu |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 02:34 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 02:34 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6130 |
Actions (login required)
View Item |