Studi Analisis Implementasi Metode Role Play Melalui Media Short Movie Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA NU Mu’allimat Kudus

Khasanah, Siti Uswatun (2021) Studi Analisis Implementasi Metode Role Play Melalui Media Short Movie Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA NU Mu’allimat Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (831kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (618kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (576kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendreskripsikan studi analisis implementasi metode role play melalui media short movie pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Mu’allimat Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data tentang implementasi metode role play melalui media short movie dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran SKI dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman belajar peserta didik saat guru menerapkan metode role play dan menggunakan media short movie pada pembelajaran SKI dapat membuat peserta didik merasakan suasana belajar yang berbeda, kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan memberikan kesan tersendiri bagi peserta didik. Penerapan metode role play yang dilakukan peserta didik mengharuskan peserta didik untuk saling berinteraksi antarpeserta didik, kerena hal ini melibatkan aktivitas peserta didik untuk melakukan bermain peran. Peserta didik berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan antusias peserta didik pada metode role play yang diterapkan akan memudahkan peserta didik dalam menerima materi pelajaran dari guru, maka peserta didik harus mencoba memahami materi pelajaran. Pemanfaatan teknologi menggunakan media pembelajaran short movie yang menjadi daya tarik bagi peserta didik dan dapat memudahkan pekerjaan peserta didik dalam menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran yang menerapkan metode role play.Peserta didik menggunakan media pembelajaran short movie arahan dari guru untuk mendokumentasikan berupa video hasil implementasi metode role play yang dilakukan. Hasil video agar lebih menarik peserta didik menggunakan aplikasi editor video kinemaster yang dirasa cukup lengkap dengan adanya efek atau menu untuk mengedit lainnya yang bisa menjadikan suatu video lebih menarik untuk ditonton. Guru memberikan penilaian secara langsung terkait pembelajaran SKI dengan implementasi metode role play melalui media short movie, hasil penilaian guru menunjukkan bahwa peserta didik memberikan sikap positif dengan adanya impleentasi metode role play pada pembelajaran, peserta didik bersemangat dan antusias serta ikut berperan aktif dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Role Play, Media Short Movie, Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:14
Last Modified: 17 Dec 2021 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6165

Actions (login required)

View Item View Item