Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus

Futuh, Tsabit Sabilul (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (339kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (155kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (391kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi corona virus disease 2019 (COVID-19) yang berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia. Hasil keputusan dari Menteri pendidikan bahwa seluruh kegiatan pembelajaran baik sekolah maupun perguruan tinggi dilaksanakan dari rumah masing-masing secara online melalui aplikasi yang tersedia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran online pada mata peajaran Fiqih. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari teknik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk menguatkan hasil penelitian. Peneliti melampirkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dilampiran. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran online pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan, guru menyiapkan silabus dan RPP, menyiapkan materi, siswa mengerjakan materi pembelajaran yang disampaikan melalui whatsApp grup, siswa membaca bacaan sujud sahwi syukur dam tilawah, setelah itu sudah disimak dan bacaannya lancar, kemudian siswa mengirimkan kedalam bentuk rekaman audio dan video bacaan sujud sahwi syukur dan tilawah, tugas akan dikirim ke google classroom dan penyampaian melalui whatsApp grup. 2) Dampak dari proses pembelajaran online yaitu siswa harus menyiapkan sarana dan prasarana agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. guru juga harus menyiapkan beberapa modul pembelajaran yang mudah difahami dan dipelajari oleh siswa. Beberapa faktor yang bisa menghambat dan mendukung pelaksanaan pembelajaran online yang harus diperhatikan yaitu faktor pendukung meliputi: orang tua memiliki gadget, peserta didik dapat mengoperasikan gadget terutama melalui whatsApp, google classroom dan aplikasi lainnya, guru difasilitasi kuota internet dari sekolah, mengadakan pelatihan pembelajaran online, secara umum orang tua memasang wifi di tempat tinggal masing-masing, pemanfaatan ilmu teknologi sebagai media pembelajaran, kombinasi kurikulum KTSP dan K-13 mengaktifkan para guru dalam proses pembelajaran online, orang tua berperan mengawasi anak saat pembelajaran online. Kedua faktor penghambat meliputi: meskipun orang tua sudah memiliki gadget namun masih ada beberapa yang tidak memiliki android yang kurang mendukung pembelajaran online, masih ada beberapa yang terkendala jaringan internet karena tempat tinggal di desa, orang tua tidak dapat mendampingi anak saat pembelajaran online, karena orang tua bekerja sampai larut malam, semangat belajar siswa kurang karena merasa jenuh saat pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online, Pelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:41
Last Modified: 21 Dec 2021 01:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6183

Actions (login required)

View Item View Item