Efektivitas Model Pembelajaran Daring dalam Mata Pelajaran IPS pada Masa New Normal Kelas VIII di MTs Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati

Fauziyah, Amiratul (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Daring dalam Mata Pelajaran IPS pada Masa New Normal Kelas VIII di MTs Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (736kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (379kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rencana persiapan pembelajaran daring mata pelajaran IPS kelas VIII, untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran daring mata pelajaran IPS kelas VIII serta mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat model pembelajaran daringmata pelajaran IPS pada masa new normal kelas VIII di MTs Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari sumber data primer dan sekunder serta menggunakan purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII di MTs Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, serta kuesioner. Kemudian pengujian keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan meningkatkan ketekunan peneliti dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil ini menunjukan bahwa 1) Rencana persiapan yang dilakukan guru di MTs Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati menyiapkan RPP berbasis daring, menentukan media dan metode yang akan digunakan selama menerapkan model pembelajaran daring. 2) Efektivitas model pembelajaran daring dalam mata pelajaran IPS pada masa new normal di MTs Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati melalui hasil wawancara, observasi dilakuan sesuai dengan persiapan RPP yang telah dibuat guru dan dari pengisian kuesioner hasilnya sebanyak 69,26% berjalan dengan baik. Berpedoman dengan aturan pemerintah melalui Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam menjalan pembelajaran dari rumah selama masa new normal. 3) Faktor pendukung model pembelajaran daring mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati adalah RPP yang sudah sesuai dengan RPP daring, media belajar, kuota internet,dan buku ajar. Sedangkan faktor penghambat adalah materi yang disampaikan tidak maksimal, kuragnya motivasi dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, serta kekurangan kuota internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, new normal
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Dec 2021 07:09
Last Modified: 22 Dec 2021 07:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6212

Actions (login required)

View Item View Item